Bupati Manokwari Buka Bimbingan Manasik Haji 1445 H/ Tahun 2024

Manokwari, kabartimur.com- Bupati Manokwari, Hermus Indou resmi membuka Kegiatan Bimbingan Manasik Haji Bagi Jamaah Calon Haji Kabupaten Manokwari Tahun 1445 H/2024 M, di Aula Gedung Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari, Jl. Percetakan NegaraNegara senin (22/4/2024).

Dalam sambutannya Bupati Manokwari menyampaikan bahwa Ibadah Haji merupakan rukun Islam yang kelima yang diwajibkan Allah SWT bagi setiap umatNya untuk berhaji demi mencapai Ridho Allah SWT.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Untuk melaksanakan ibadah dan wukup di Arafah pada waktu tertentu
Dengan keberadaan di Mekah calon jamaah haji dapat mengunjungi Ka’bah dan tempat-tempat lainnya untuk melakukan serangkaian ibadah dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan.

Baca Juga :   Halal bihalal,  TP-PKK Manokwari Santuni 30 anak yatim dan 20 kaum Duafa Warga Borobudur

Bupati menjelaskan bahw aIbadah haji adalah ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim yang mampu atau kuasa untuk melakukannya baik secara ekonomi, fisik, psikologis, kemananan, periziban dan lain sebagainya dan hari ini diadakan bimbingan Manasik Haji 1445 HH/2024M.

“Manasik adalah tata cara dan pelaksanaan ibadah baik umroh maupun haji sesuai syariah dan merupakan hak ynag yidak bisa diabaikan bagi seornag muslim yang akan melaksanakan ibadah haji sebelum perjalanan haji. Dengan Manasik setiap calon jamaah haji mampu mendapatkan pengetahuan tata cara beribadah haji yang Tartil sesuia rukun Haji” ujar Bupati.

Sementara itu, Ketua panitia dalam laporannya, Mawar Dibugaje menjelaskan bahwa kegiatan Manasik Haji bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada manasik haji tentang aturan pemerintah dalam negeri dan luar negeri.

Selain itu, juga meberika Pemahamanan sesuai prinsip dan syariah islam dimana kegiatan manasik haji dilaksanakan selama seminggu, senin 22 april-1 mei 2024 di tiga tempat yaitu aula kantor kemenag, Masjid Alfatah Wosi dan kantor urusan agama distrik prafi.

Baca Juga :   Bupati Manokwari Resmikan Kantor Majelis Daerah Griffiths Syoribo

Pada kesempatan yang sama, kepala Kantor kementerian agama kabupaten Manokwari dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Manasik Haji gina memantapkan pengetahuan, pemahaman terhadap ilmu manasik haji berkaitan perjalanan dan ibadah haji.

“Calon jamaah haji akan menerima materi pembinaan selama 1 minggu terhitung mulai hari ini dan kepada calon jamaah Haji diharapkan untuk mentaati segala peraturan baik didalam negeri maupun diarab saudi dan menjunjung tinggi kerjasama yang baik dan setiap materi pelajaran manasik haji.(Red/*)

Pos terkait