“Sekali Mendaftar ke KPUD, Berkas PSI Manokwari Langsung Dinyatakan Lengkap”

  • Whatsapp

Manokwari– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Manokwari secara resmi mendaftar ke KPUD setempat, Minggu (15/1), siang. Dalam pendaftaran ini, berkas PSI dianggap lengkap dan langsung diterima usai diperiksa oleh KPUD.

Rombongan DPD PSI yang kompak menggunakan jaket merah bertuliskan PSI.ID, tiba di KPUD mwmbawa 1 (satu) kontainer berisi dokumen, sekitar pukul 14.00. Awalnya pengurus PSI hanya hendak berkonsultasi soal dokumen yang telah mereka siapkan jauh hari sebelumnya.

Namun usai konsultasi sekitar 15 menit, ketua PSI Manokwari Patrix Barumbun Tandirerung, langsung mengambil inisiatif mendaftarkan partai yang dipimpinnya karena menganggap syarat pendaftaran yang ditentukan oleh UU dan peraturan KPUD sudah dipenuhi.

Dalam proses pendaftaran, DPD PSI Manokwari diterima oleh komisioner KPUD. Ketua Panwaslu Manokwari dan beberapa staf pengawas juga hadir memantau proses tersebut. Kepada Komisioner Abdul Muin Salewe, Patrix menyerahkan dua map merah berisi data anggota yang sesuai dengan Form F2 KPU. Map lainnya berisi dokumen internal partai soal pengurus cabang yang tersebar di seluruh distrik (9 DPC) di Manokwari.

“Dengan mengharap ridho Tuhan, Kami menyerahkan dokumen ini kepada KPUD. Ini skaligus berarti bahwa kami menyerahkan mandat dan amanah kaum muda Indonesia yang kami pikul untuk membentuk PSI, satu-satunya partai baru yang benar-benar digerakkan anak muda,” kata Patrix dalam penyerahan dokumen.

Usai diteliti, KPU menyatakan dokumen keanggotaan sudah sesuai dengan Form F2. PSI menyerahkan ratusan data jumlah anggotanya dalam tahap ini kepada KPUD, yang menurut Patrix direkrut secara organik lewat relawan dan posko-posko pendaftaran anggota.

Patrix menyebut meski SIPOL yang disediakan oleh KPU rumit karena berbasis teknologi internet, PSI tidak kesulitan mengisinya. Justru PSI menganggap SIPOL sebagai aplikasi yang konstruktif bagi partai karena memungkinkan partai membangun database anggota secara digital.

“Kami juga mengapresiasi kinerja KPUD yang sangat terbuka dalam proses konsultasi lewat help desk KPUD,” sebutnya.

Hinggal kemarin sore, sejumlah partai telah mendaftar ke KPUD. Hanya saja berkas mereka dikembalikan karena dinilai tidak lengkap. Hingga pukul 14.00, hanya dua partai yang berkasnya diterima yakni PSI dan PKS. (*)

 

Pos terkait