Jaga Kearifan Lokal, Peserta Upacara HUT Teluk Wondama ke-20 Kompak Pakai Atribut Khas Wondama

WASIOR – Kabupaten Teluk Wondama memasuki usia ke-20 tahun pada 12 April 2023.

Peringatan hari jadi kabupaten yang lahir pada 2003 itu ditandai dengan upacara bendera di lapangan apel kantor bupati Teluk Wondama di Rasiei, Rabu pagi.

Dalam momen itu, Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor bersama para pejabat Forkopimda juga seluruh tamu undangan dan peserta upacara tampil menggunakan atribut daerah khas Teluk Wondama.

Selain batik Papua dengan motif khas Wondama, banyak dari para pejabat dan peserta upacara lainnya memakai mahkota burung serta noken dari kulit kayu.

Para ibu-ibu juga tampak cantik dengan mahkota burung dengan aneka warna juga asesoris pelengkap lainnya.

Tidak ketinggalan regu marching band dari SMA Negeri 01 Wondama juga tampil unik dengan mengenakan pakaian etnik Wondama.

Bupati Hendrik Mambor yang bertindak selaku inspektur upacara tampil memakai mahkota Mambri’.

Baca Juga :   Imburi : Saya Memang Tidak Buka ‘Kebun’ Tapi 4 Tahun Ini Saya Sudah Tanam Banyak

Topi atau mahkota Mambri  merupakan topi kebesaran yang biasanya dikenakan para kepala suku/kepala adat maupun para panglima perang saat turun di medan perang suku.

Penggunaan atribut daerah itu dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta dan perduli terhadap budaya asli Teluk Wondama. Juga sebagai upaya pelestarian terhadap kearifan lokal.

Dalam kesempatan itu, dibacakan sejarah singkat Kabupaten Teluk Wondama semenjak era pemerintahan Belanda hingga resmi menjadi daerah otonomi baru hasil pemekaran dari Kabupaten Manokwari pada 2003.

Dalam sambutannya, Bupati Mambor menyampaikan rasa hormat dan penghargaan kepada para tokoh pemekaran yang telah berjuang melahirkan Kabupaten Teluk Wondama.

Juga bagi para mantan bupati dan wakil bupati serta mantan anggota DPRD serta semua pihak yang telah ikut berkontribusi mendukung pembentukan kabupaten berjuluk Tanah Peradaban Orang Papua itu.

Baca Juga :   Pengumuman Nomor Urut Peserta Calon Bupati dan Wakil Bupati Teluk Wondama Oleh KPU

“Marilah ungkapan rasa syukur ini kita aktualisasikan melalui kerja bersama agar kita mampu memberikan prestasi terbaik bagi bangsa Indonesia dan Kabupaten Teluk Wondama, “kata Mambor.

Selain Wakil Bupati Andarias Kayukauy serta pejabat Forkopimda, peringatan hari ulang tahun Kabupaten Teluk Wondama ke-20 turut dihadiri Kasdam XVIII Kasuari Brigjen TNI Yusuf Ragainaga.

Hadir pula Komandan KRI Teluk Wondama-527 Mayor Laut (P) Sriadi,  Bupati Teluk Wondama periode 2016-2021 Bernadus Imburi, mantan Ketua DPRD Lazarus Warinussy dan Kuro MR Matanj juga para tokoh pemekaran. (Nday)

 

 

 

Pos terkait