HUT Teluk Wondama ke-20, KRI Teluk Wondama Gelar Sunatan Massal, Donor Darah dan Pengobatan Gratis

WASIOR – Tidak sekedar memeriahkan hari jadi Kabupaten Teluk Wondama ke-20, kedatangan perdana KRI Teluk Wondama ke ‘negri asalnya’ itu juga mengusung misi amal.

Bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun Kabupaten Teluk Wondama ke-20 pada Rabu, 12 April 2023, kapal perang dengan nomor lambung 527 itu menyelenggarakan aksi sosial bagi masyarakat setempat.

Yaitu  bakti kesehatan (bakkes) berupa sunatan massal, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Bakti kesehatan yang dilakukan di atas KRI Teluk Wondama melibatkan petugas medis dari RS Angkatan Laut Manokwari juga dari Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Wondama.

Selain itu KRI Teluk Wondama menggandeng Dinas Perindagkop melaksanakan pasar murah dengan menyediakan paket sembako dengan harga miring.

Aksi sosial itu dilaksanakan di sela-sela open ship di mana masyarakat umum diperbolehkan naik langsung ke kapal.

Baca Juga :   Syukuran 15 Tahun Bertugas di Wondama, Bintara Polri Angkatan XXIX Gelar Aksi Donor Darah

Masyarakat kota Wasior dan sekitarnyapun antusias memanfaatkan kesempatan langka itu. Sejak pagi hingga sore hari, warga dari berbagai kalangan dan usia ramai-ramai berkunjung ke kapal untuk melihat secara dekat kapal perang buatan dalam negeri itu.

Banyak warga juga sekaligus memanfaatkan momen itu untuk memeriksakan kesehatan, membawa anaknya untuk dikhitan juga mendonorkan darahnya.

Komandan KRI Teluk Wondama-527 Mayor Laut (P) Sriadi mengatakan kegiatan bakkes dan baksos merupakan bentuk kontribusi TNI AL terhadap masyarakat Teluk Wondama.

“Ini adalah bukti sinergitas TNI AL, Pemda dan masyarakat pada khusus masyarakat Teluk Wondama sehingga dalam pelaksanaan kegiatan ini selanjutnya juga akan ada keberlanjutan kegiatan seperti ini ke depan, “kata Sriadi.

Mayor Sriadi menyampaikan hal itu di sela-sela mendampingi Bupati Hendrik Mambor dan Wakil Bupati Andarias Kayukatuy bersama Forkopimda meninjau KRI Teluk Wondama, Rabu siang.

Baca Juga :   Rumah Dinas di Perumahan Bumi Marina Manokwari Sejak 2014 Belum Dicatat Sebagai Aset Pemkab Wondama

Sriadi mengaku terharu dan bangga karena kehadiran KRI Teluk Wondama mendapatkan sambutan hangat dari Pemda bersama masyarakat.

Juga atas tingginya antusiasme masyarakat Wondama untuk berkunjung ke kapal perang tersebut.

“Kami juga melakukan open ship untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa ada yang namanya KRI Teluk Wondama sehingga masyarakat biar bangga dan terutama ada anak-anak yang berkeinginan untuk menjadi prajurit TNI AL, “ucap Sriadi.

Sementara Bupati Hendrik Mambor kembali menyampaikan rasa bangganya atas penyematan nama Teluk Wondama pada salah satu kapal perang TNI AL.

Terlebih KRI Teluk Wondama akhirnya datang juga di Kabupaten Teluk Wondama sehingga bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat Wondama.

“Berulang kali saya katakan, ada rasa bangga dari masyarakat Teluk Wondama dengan adanya KRI Teluk Wondama ini. Dan sudah lama masyarakat merindukan kehadiran kapal ini di sini.

Baca Juga :   Wisuda Siswa PAUD Insan Mulia, Mambor Ingatkan Pendidikan Usia Dini adalah Fondasi Bentuk Generasi Wondama Berkualitas

Kapal ini hadir untuk meramaikan HUT TW ke-20 tapi juga melaksanakan bakti sosial, berupa khitanan massal, donor darah dan pemeriksaan kesehatan lainnya, “kata bupati.

Mambor juga mengapresiasi pelaksanaan bakti kesehatan dan bakti sosial yang dilaksanakan KRI Teluk Wondama pada momen hari jadi Teluk Wondama ke-20.

“Pemda dan masyarakat berharap akan ada kerjasama yang berlanjut dengan TNI AL sehingga pada momen-momen tertentu kita bisa bersama-sama melakukan bakti sosial dan lainnya seperti ini, “ucap orang nomor satu Wondama ini.

Adapun berdasarkan keterangan dari salah satu petugas medis, khusus untuk donor darah, hingga pukul 13.00 WIT telah terkumpul 28 kantong darah. (Nday)

 

 

Pos terkait