Dibangun 1975, SD Inpres Aisandami Jadi Kinclong Pasca Direnovasi Kementerian PUPR, Siswa Senang

WASIOR, Kabartimur.com– Setelah 49 tahun berdiri, SD Inpres Aisandami, Distrik Teluk Duairi Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat memiliki wajah baru.

Hampir seluruh bagian bangunan sekolah yang sebelumnya telah banyak kerusakan kini telah dipugar sehingga tampak lebih ‘kinclong’ alias bagus dan indah layaknya bangunan baru.

Halaman dan kawasan sekeliling sekolah yang sebelumnya selalu becek dan kotor kini juga menjadi lebih rapi dan tertata dengan dibangunnya lantai beton serta pagar tembok.

“(Merasa) Senang karena sekolahnya bagus, “ucap Anita Novita Rika Betay, siswi kelas III SD Inpres Aisandami di sela-sela peresmian gedung baru SD Inpres Aisandami oleh Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor, Sabtu, 16 Maret 2024.

SD Inpres Aisandami dibangun pada 1975 ketika Teluk Wondama masih menjadi bagian dari Kabupaten Manokwari. Teluk Wondama resmi berdiri menjadi kabupaten mandiri pada 2003.

Baca Juga :   Bakti Sosial, Warga KKSU Ramai-ramai Bersihkan Situs Religi Aitumeiri

Melalui upaya serius yang dibangun Pemkab Teluk Wondama, SD Inpres Aisandami akhirnya mendapat bantuan rehabilitasi berat dari Balai Prasarana Wilayah Kementerian PUPR pada 2023.

“Kita bersyukur ini melalui Kementerian PUPR ini dibangun berdasarkan komunikasi kita secara terus menerus, secara intens. Kita bersyukur ya, dan menjadi kebanggaan kita bahwa di dataran ini ada sekolah yang bagus. Papan nama di depan juga luar biasa bagus sekali “kata Bupati Hendrik Mambor.

“Kalau tidak salah sekolah ini dibangun oleh Pemda Manokwari pada 1975 dan kita tahu bersama kondisinya juga sudah mengalami banyak kerusakan, “ucap bupati yang pada kesempatan itu didampingi Wakil Bupati Andarias Kayukatuy.

Bupati mengatakan terdapat dua sekolah di Kabupaten Teluk Wondama yang mendapatkan bantuan rehabilitasi berat dari Balai Prasarana Wilayah Kementerian PUPR tahu anggaran 2023.

Baca Juga :   Kementerian Agama RI Bantu 200 Juta untuk Gereja Baru Jemaat Syaloom Wasior

Yakni SD Inpres Aisandami dan SD Negeri Tandia, Distrik Rasiei.

“Kami ada usulkan lagi beberapa sekolah lagi. Dan kita bersyukur karena tadinya Balai (Balai Prasarana Wilayah Kementerian PUPUR) hanya bisa membangun SD-SD negeri saja. Tapi kita sudah usulkan sekolah yayasan dan diterima, “ungkap Mambor.

Lebih lanjut, bupati berharap dengan tampilan baru SD Inpres Aisandami yang kini jauh lebih bagus dari sebelumnya bisa memotivasi para siswa menjadi semakin semangat belajar. Juga bagi para orang tua agar semakin peduli terhadap perkembangan pendidikan anak-anak di Aisandami.

“Ini bagian dari tanggung jawab kita bersama. Selain Pemda melalui Dinas Pendidikan, selain para guru, juga para orang tua mari kita membina anak-anak supaya mereka kita siapkan menjadi generasi-generasi yang berkualitas untuk daerah ini, “pesan bupati.

Kepala SD Inpres Aisandami Maria Auri mengaku senang dan bersyukur karena bangunan sekolah yang dia pimpin kini sudah menjadi jauh lebih bagus dan rapi.

Baca Juga :   Banyak Rumah di Kampung Syabes, Pulau Roon Tidak Layak Huni, Warga Minta Pemerintah Turun Tangan

Dia berharap Dinas Pendidikan mendukung dengan pengadaan kursi dan meja supaya para siswa bisa secepatnya menggunakan ruang kelas yang telah direnovasi itu untuk proses belajar mengajar.

“Selama ini kita pakai tiga ruang kelas ini (ruangan yang tidak ikut direhab) untuk belajar. Jadi ada sekolah pagi dan ada siang. Makanya kita harapkan meubelair bisa cepat ada supaya anak-anak bisa pakai ruangan yang baru itu, “kata Maria. (Nday)

 

 

Pos terkait