4.900 Warga Prasejahtera di Wondama Terima Bansos Sembako, Bupati : Jangan Lihat Nilainya

WASIOR, Kabartimur.com – Sebanyak 4.900 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat kembali menerima penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) sembako atau bansos sembako tahap I tahun 2024.

Bupati Hendrik Mambor menyerahkan secara simbolis bansos sembako kepada perwakilan penerima dari Distrik Wasior, Sabtu, 16 Maret 2024 di halaman Kantor Pos Wasior. Adapun tahap I meliputi bulan Januari dan Februari.

“Kiranya ini bermanfaat jangan dilihat nilainya tapi ini bentuk kepedulian dari pemerintah secara berjenjang mulai dari Pemerintah Pusat, provinsi hingga kita di kabupaten, “pesan bupati.

Bansos sembako atau yang dahulu dikenal dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200 ribu perbulan untuk setiap KPM atau total sebesar Rp400 ribu untuk satu tahap.

Adapun untuk penyalurannya Kementerian Sosial menggandeng PT. Pos Indonesia dengan melibatkan jajaran Dinas Sosial di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Baca Juga :   Tidak Kerja 20 Hari, PNS Pemkab Wondama Tidak Diberikan Tambahan Penghasilan

Kepala Kantor Pos Wasior Putra Michael menjelaskan penerima bansos sembako sebanyak 4.900 KPM tersebar di 13 distrik/kecamatan di Kabupaten Teluk Wondama.Distrik Wasior sebagai wilayah dengan penduduk terbanyak mendapatkan alokasi paling besar yakni sebanyak 2.300 KPM.

“Penerima (bansos sembako) ini rata-rata perempuan, “ujar Putera.

Untuk diketahui, bansos sembako diberikan kepada masyarakat kategori prasejahtera di setiap kabupaten/kota berdasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

DTKS  dihimpun oleh Kementerian Sosial secara berjenjang mulai dari desa/kampung. (Nday)

Pos terkait