Waspada Corona, Penumpang Kapal dan Pesawat Masuk Wondama Wajib Periksa Suhu Tubuh

  • Whatsapp

WASIOR – Pemkab Teluk Wondama mulai memberlakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap penumpang kapal laut maupun pesawat yang baru tiba di kota Wasior. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona jenis baru atau COVID-19.

Sebagaimana terpantau di Bandara Margono Wasior pada Jumat siang, seluruh penumpang pesawat dari Nabire yang baru tiba diperiksa suhu tubuhnya menggunakan alat termal gun oleh petugas Bandara.

Petugas juga menyiapkan masker serta hand sanitizer bagi penumpang yang membutuhkan. Tampak tim medis dari Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19 juga bersiaga di Bandara untuk mengantisipasi adanya penumpang yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Sebelumnya pada Jumat pagi pemeriksaan suhu tubuh juga dilakukan di pelabuhan Wasior terhadap penumpang KM.Margareth yang baru tiba dari Manokwari juga KM. Napan Wainami dari Nabire.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Teluk Wondama dr.Yoce Kurniawan, pemeriksaan suhu tubuh merupakan bentuk deteksi dini untuk mengetahui ada tidaknya potensi seseorang terjangkit COVID-19.

“Itu adalah skrining awal untuk menentukan dia perlu kita periksa lebih lanjut atau tidak, perlu kita anamnesis lebih lanjut atau tidak. Suhu tubuh adalah skrining awal walapun bukan hanya panas yang menjadikan dia kriteria COVID, batukpun bisa jadi COVID tapi paling tidak ya bisa kita lakukan adalah skrining suhu karena yang paling cepat itu, “ jelas dr Yoce di Wasior, Jumat siang.

Dia mengatakan pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap penumpang yang masuk ke Wasior akan terus dilakukan sepanjang wabah virus Corona masih belum berakhir.
“Akan dilakukan terus selama masa karantina berlangsung atau isolasi mandiri ini belum berakhir harapannya dilakukan terus, “ucap Direktur RSUD Teluk Wondama ini. (Nday)

Pos terkait