Tambah Satu, ODP COVID-19 di Wondama Jadi Tiga Orang

WASIOR – Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona atau COVID-19 di Kabupaten Teluk Wondama per 19 Maret 2020 bertambah satu menjadi tiga orang.

Satu orang ODP baru tersebut berjenis kelamin laki-laki. Yang bersangkutan belum lama ini berkunjung ke salah satu daerah terjangkit COVID-19 dan saat ini mengalami batuk-batuk. Sejak kemarin dia sudah menjalani karantina mandiri di rumahnya dan secara rutin diawasi perkembangannya oleh tim dari RSUD Teluk Wondama.

“Dia pernah ke area transmisi lokal di dalam negeri dan ada keluhan batuk tanpa demam tapi batuknya lumayan keras sehingga masuklah dalam kategori ODP, “ jelas Direktur RSUD Teluk Wondama yang juga juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dr.Yoce Kurniawan di Wasior, Jumat.

Meski jumlah ODP bertambah namun ada hal yang menggembirakan. Yakni kondisi dua ODP sebelumnya yang sejak 16 Maret telah melakukan karantina mandiri kini semakin membaik. Dua ODP tersebut terdiri dari satu perempuan dan satu laki-laki.

Baca Juga :   Mengenal ‘Black Pearl’ dan Tekadnya Membangun SDM Anak Papua ke Level Internasional lewat Penguasaan Bahasa Inggris

“(Kondisinya) sudah membaik, sudah tidak demam sudah tidak batuk. Dan 1 OPD yang kita temukan kemarin keadaannya panasnya belum terlalu turun tetapi sudah lebih membaik daripada kemarin, “ kata dr.Yoce.

Demikian pula tiga orang mantan ODP – sebelumnya sempat dikategorikan sebagai ODP namun gugur karena memiliki gejala penyertaan lain – namun tetap dalam pemantauan petugas, kondisi merekapun kini sudah membaik. Keluhan batuk dan panas yang sempat mereka laporkan saat ini sudah tidak terjadi lagi.

“Ini jadi perhatian bagi orang-orang yang baru pulang dari daerah terjangkit, saya berharap jaga kondisi. Ada yang jadi Jakarta atau dari mana (harap jaga kesehatan atau melakukan karantina mandiri), “ ujar dokter spesialis saraf ini. (Nday)

Pos terkait