Harhubnas Tahun 2022, Ini Komitmen Pemda dan Insan Perhubungan Tingkatkan Layanan Transportasi di Wondama

WASIOR – Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas)  tahun 2022 diharapkan menjadi momentum perbaikan mutu layanan sektor perhubungan di Kabupaten Teluk Wondama.

Bupati Hendrik Mambor mengatakan Pemkab Teluk Wondama terus berupaya membenahi sektor tranportasi baik darat, laut maupun udara demi memudahkan akses antar wilayah.

Terutama untuk menjangkau distrik dan kampung yang ada di pesisir, kepulauan juga di daerah pedalaman dan kawasan terluar.

“Tahun ini kita sedang kerjakan 3 kapal (jenis bus air roro) yang kami berpikir mudah-mudahan bisa membangun konektivitas antar pulau karena Wondama ini berupa kepulauan juga ke pedalaman,“kata Mambor usai upacara   Harhubnas   di halaman terminal penumpang Pelabuhan Wasior, Sabtu (17/9/2022).

Demikian halnya untuk perhubungan darat, Mambor mengatakan Pemkab Teluk Wondama secara bertahap akan terus melakukan pembenahan baik dari sisi infrastruktur maupun sarana transportasinya sendiri.

Baca Juga :   Wabup Indubri Lepas 17 Jamaah Calon Haji

“Pada saat yang sama juga ada peningkatan-peningkatan di transportasi udara dan transportasi darat. Seperti bagaimana upaya kita untuk peningkatan kualitas jalan untuk bisa layani masyarakat kita, “ucap mantan Kepala Bappeda itu.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Wasior Yoseph Kombado mengatakan pihaknya akan berupaya menata kawasan pelabuhan menjadi lebih baik sehingga bisa menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa pelabuhan.

Menurut Kombado bagian yang menjadi perhatian adalah ketertiban di areal pelabuhan yang masih kurang. Pasalnya selama ini baik orang maupun kendaraan dapat dengan bebas keluar masuk kawasan pelabuhan.

Padahal pelabuhan seharusnya merupakan areal terbatas yang hanya boleh dimasuki oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

“Selama ini masyarakat sering masuk areal pelabuhan untuk bersantai, mancing dan lainnya yang secara aturan itu tidak boleh. Jadi kita akan terapkan pembatasan secara pelan-pelan, “kata Kombado.

Baca Juga :   Kubu A2 Laporkan Dugaan Pelanggaran ke Bawaslu : Soal Petugas KPPS, Pemilih Coblos Lebih dari Sekali Hingga C-6

Juga untuk sisi darat. Menurut Kombado masih banyak bagian yang harus dibenahi.

Seperti jalan masuk dan keluar pelabuhan yang sudah banyak mengalami kerusakan dan berlubang, lapangan untuk peti kemas yang belum tertata dengan baik juga sarana pendukung lain yang belum tersedia.

Sementara untuk layanan transportasi udara, Kepala Bandara Wasior Serly Mokoginta mengatakan pihaknya juga terus melakukan pembenahan dalam aspek pelayanan juga sarana dan prasarana.

Meski secara bertahap, lanjut Serly pihaknya sudah melakukan penataan sejumlah sarana dan fasilitas Bandara Wasior untuk meningkatkan kenyamanan bagi penumpang.

“Dan kami sudah mengevaluasi dan sedang memperbaiki pelan-pelan fasilitas untuk bisa meningkatkan kenyamanan penumpang yang ada di terminal, “ ujar Serly.

Selain upacara bendera, puncak perayaan Harhubnas tahun 2022 juga diisi dengan pemberian bantuan sosial berupa paket sembako kepada pegawai perhubungan yang sudah purna bakti.

Baca Juga :   Bantu Pemerintah Lawan Corona, MUI Wondama Bagikan Ribuan Masker di Kota Wasior

Juga bagi para janda dan duda dari PNS atau honorer di lingkup instansi perhubungan yang telah meninggal dunia. (Nday)

 

Pos terkait