Distambun Enrekang Genjot Produksi Bawang Merah

  • Whatsapp

KABARTIMUR ENREKANG-Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun), Kabupaten Enrekang, dalam rangka menggenjot peningkatan produksi bawang merah, 142 ton bibit bawang merah dari penangkaran bibit bawang merah asal Bima siap didistribusikan kepada kelompok petani bawang merah di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Enrekang.

Hal tersebut dikatakan kadistanbun Arsil Bagenda, menurutnya bibit bawang tersebut diberikan kepada kelompok tani secara gratis dan setiap kelompok tani masing masing mendapatkan 1 ton bibit bawang.

“Salah satu keluhan yang sering di utarakan petani bawang merah adalah persoalan harga bibit yang terkadang sangat melonjak, sementara harga hasil penen sejumlah petanipun kadang mengalami penurunan, membuat petani merugi, sebagai wujud kepaedulian Pemkab Enrekang terhadap Petani bawang merah, diberikan bantuan bibit secara gratis selain bertujuan untuk meningkatkan produksi juga dapat meningkatkan pendapatan Petani kita”ujar Arsil Bagenda Senin, (23/4).

Selajutnya Kabid Holtikultura Addi, MM menambahkan bahwa diantara kelompok penerima bantuan Bibit Bawang tersebut ada 2 Kecamatan yang baru 1 kelompok yang mendapatkan bantuan bibit bawang merah yakni Kecamatan Curio 1 kelompok dan Kecamatan Maiwa (Maroangin), dengan alasan baru uji coba terhadap tanaman bawang merah.

“Iya, dari 142 ton yang disalurkan kepada sejumlah kelompok tani bawang merah, hanya Maroangin dan curio yang baru 1 kelompok yang diberikan pasalnya mereka baru melakukan uji coba apakah di wilayah tersebut cocok untuk pengembangan tanaman Bawang Merah”jelas Addi.

Addi menambahkan bahwa selain bibit bawang merah juga untuk yang pertama kalinya Distanbun bidang Holtikultura akan menyalurkan 32 ton bibit bawang puti, namun harus dikondisikan dengan foktor alamnya sesuai dengan karakter alam bawang Putih itu sendiri yakni lokasinya harus 1000 meter diatas permukaan air laut.

“Bukan hanya Bibit bawang merah saja yang akan kami siapkan namun untuk yang I kali kita mencoba 32 ton bibit bawang putih, dan tidak semua kelompok mendapatkannya tapi hanya yang lokasinya berada diatas 1000 meter diatas permukaan laut seperti diantaranya, Kecamatan Buntubatu, Kecamatan Baraka, Curio, Masalle, dan Kecamatan Baroko”.papar Addi menambahkan. (Zaini).

Pos terkait