Pjs.Bupati Tana Toraja Bertindak Selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Guru Nasional

  • Whatsapp
Pjs Bupati Tana Toraja, H. Asri Sahrun Said Sebagai Inspektur Upacara

Tana Toraja Kabartimur.Com

Pjs.Bupati Tana Toraja Drs. Asri Sahrun Said bertindak selaku Inspektur upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Tana Toraja, Rabu, 25 November 2020.

Peringatan Hari Guru Nasional di hadiri langsung oleh Sekda Tana Toraja, Semuel Tande Bura, Kepala Dinas Pendidikan Anthon Toding, Ketua PGRI Kab. Tana Toraja. Drs Pedi, dan beberapa OPD Kab. Tana Toraja.

Ketua PGRI Kab Tana Toraja Drs. Pedi mengatakan undangan peringatan Hari Guru Nasional dibatasi mengingat pandemi Covid-19, dan yang hadir adalah Seluruh Pengurus PGRI Kabupaten, Pengurus PGRI Kecamatan, Pengurus dan Anggota Cabang Khusus PGRI, anggota Korpri Khusus Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja, dan perwakilan dari Kepala Sekolah, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Khusus untuk Paduan Suara dan Penggerek bendera kita mengundang Siswa Siswi SMA Negeri 1 Tana Toraja, dan yang membawa doa dari kementerian Agama Kab. Tana Toraja, jelas Pedi kepada Kabartimur.Com.

Baca Juga :   Upacara HUT RI di Wasior Hikmat, Bupati Ingin Upaya Nyata Wujudkan SDM Wondama yang Unggul

Dalam upacara peringatan HGN tahun 2020 tersebut, Pjs.Bupati Tana Toraja Drs. Asri Sahrun Said yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dihadapan peserta upacara yang hadir.
Hari Guru Nasional atau HGN diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya adalah merupakan wujud penghormatan, penghargaan, dan apresiasi terhadap guru yang dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, dan diperingati setiap tahun. Tema Hari Guru Nasional 2020 Tahun ini, tema Hari Guru Nasional adalah “Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar”. Peringatan Hari Guru Nasional tidak bisa dilakukan seperti biasanya karena krisis pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air.

Baca Juga :   DPA Beda Dengan Hasil Sidang, Bupati: Ada Mekanisme Yang Harus Dipatuhi

Upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020 diselenggarakan secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah.

Sedangkan untuk instansi dan satuan pendidikan di daerah yang berada dalam wilayah zona oranye dan merah, diimbau untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

Kemendikbud juga mengimbau agar instansi pendidikan dapat menyelenggarakan aktivitas untuk memeriahkan Hari Guru Nasional 2020. Aktivitas tersebut diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Insan pendidikan juga diimbau menyaksikan program peringatan Hari Guru Nasional 2020 “Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar” di TVRI pada Rabu (25/11/2020) pukul 19.00 WIB. Acara tersebut juga dapat disaksikan secara langsung melalui kanal Youtube Kemendikbud RI.

Baca Juga :   Ratusan Siswa-siswi SD Santa Sisilia Ikut Rekaman Pembuatan KIA dan Akta Kelahiran

Di akhir Sambutan Menteri Pendidikan yang di bacakan oleh Pjs Bupati Tana Toraja Asri Sahrun Said, Menteri pendidikan dan Kebudayaann Nadiem Anwar Makarim menyampaikan terima kasih yang tak terhingga bagi Bapak dan Ibu Guru yang telah mengorbankan waktu, tenaga, bahkan bagian dari hidupnya sendiri demi murid-murid tercinta dan sudah menjadi pelukis masa depan dan peradaban Indonesia. “Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2020” teruslah bangkitkan semangat dan bersatu untuk anak-anak indonesia. (tts)

Pos terkait