Kejari Tator : Dana Desa Akan Selalu Dikawal Oleh Kejaksaan

  • Whatsapp
Kejari Tator : Dana Desa Akan Selalu Dikawal Oleh Kejaksaan

Toraja Utara Kabartimur.Com

Kejaksaaan Negeri Tana Toraja sosialisasi tentang Penggunaan Dana Desa bekerja sama dengan BPJS Cabang Makale yang berlangsung di Kantor Kecamatan Kapala Pitu Kabupaten Toraja Utara  Kamis, 09/05/2019.

Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Optimalisasi Penggunaan Dana Desa” dengan Program “JAGA DESA” dihadiri langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Makale, Jefri Penanging Makapedua SH., MH, Andi Ardi Aman SH (Kasi Intel), Margaretha H Paturu SH (Kasi Datun), Mira Bangalino (Plt. Camat Kapala Pitu), Soleman T (Camat Rindingallo), Muadin (Pegawai BPJS Kesehatan), Andi Firmansyah (Pegawai BPJS Kesehatan), Para Kepala Lembang, OPD dan beberapa elemen masyarakat lainnya.

Plt. Camat Kapala Pitu, Mira Bangalino dalam sambutannya mengatakan menyambut baik acara sosialisasi ini karena kegiatan ini sebenarnya sudah diwacanakan sejak lama, namun kegiatan ini baru terlaksana, jelas Mira.

Camat Kapala Pitu ini berharap dengan adanya kegiatan ini maka Kecamatan Kapala Pitu dan Kecamatan Rindingallo dapat meningkatkan pelayanan publik melalui Dana Desa dan kesejahteraan masyarakat dapat terealisasi dengan baik.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Bapak Jefri Penanging Makapedua, S.H.,M.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Dana Desa akan selalu dikawal oleh Kejaksaan agar realisasinya dapat tepat waktu”, tepat mutu, dan tepat sasaran sesuai dengan Permendes dan Peraturan yang berlaku.

Jefri juga berharap agar sosialisasi yang diberikan oleh Kejaksaan Negeri Tana Toraja tidak sia-sia karena pengalaman tahun lalu, walapun sudah berkali-kali sosialisasi dan diberikan rasa nyaman, tetapi tetap saja ada Lembang /Desa yang menyalahgunakan Dana Desa dan tidak sesuai harapan sehingga Kejaksaan harus melakukan penindakan.

Masih lanjut Jeffri bahwa dengan adanya kegitan ini tidak ada lagi konflik didalam Lembang/Desa untuk penggunaan Dana Desa demi majunya Desa-Desa di Tana Toraja dan Toraja Utara demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Tana Toraja dan Toraja Utara, tegas Jefri.

Adapun pembicara pada sosialisasi tersebut adalah Andi Ardi Aman SH (Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tana Toraja) yang memberikan sosialisasi mengenai Pengawalan Terhadap  Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Desa dan Andi Firmansyah (Pegawai BPJS Kesehatan Cabang Makale) yang membawa materi tentang Sosialisasi BPJS Kesehatan.

Andi Ardi Aman banyak mendiskusikan seputar mekanisme Penggunaan dan Pemanfaatan Dana Desa dan Prosedur Pelaporan dan penyelesaian masalah apabila terjadi pelanggaran dana Desa di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara.

Peserta yang hadir mencapai 51 orang yang terdiri dari Kepala Lembang, Sekretaris Lembang, Pendamping Desa, aparat pemerintah, dan berbagai elemen masyarakat. (*)

Pos terkait