Pemkab Sorsel Gelar Pelatihan Perbengkelan Dan Las Listrik

  • Whatsapp

TEMINABUAN-Wakil Bupati Sorong Selatan Drs Marthinus Salamuk membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Perbengkelan kendaraan Roda Dua dan Pelatihan Las Listrik yang diselenggarakan di Aula GKI P3W Teminabuan, (28/5).

Pelaksanaan kegiatan ditandai dengan penyematan tanda peserta bagi 3 orang peserta oleh Marthinus Salamuk,Kepala dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sorong Selatan Yulian Tauwe,SIP,dan seorang Nara Sumber dari BLKI Sorong, juga menyerahkan secara simbolis sejumlah peralatan kerja yang akan dipakai oleh peserta untuk mengembangkan usaha ini.

Kadis Disnakertrans Kabupaten Sorong Selatan Yulian Tauwe dalam laporanya menyampaikan bahwa tujuan dari terselenggaranya kedua pelatihan ini adalah untuk memberikan pembekalan ilmu dan keterampilan kepada peserta latih sehingga mampu memahami serta mengimplementasikan materi latihanya di dalam dunia kerja dan dengan skill yang dimiliki peserta diharapkan peserta latih dapat mandiri dalam menciptakan lapangan kerja baru.

Yulian menyebutkan, peserta yang mengikuti Pelatihan Las listrik sebanyak 15 orang yang merupakan utusan dari 9 Distrik , sedangkan dalam pelatihan perbengkelan kendaraan roda dua berjumlah 10 orang peserta yang berasal dari Distrik Sawiat dan Distrik Salkma.
Yulian mengharapkan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan tekun dan disiplin sehingga semua ilmu yang diberikan dapat diserap oleh masing masing peserta.

Pihaknya meminta agar usai pelatihan ini para peserta dapat membuka usaha ini di masing masing wilayah distrik karena masih banyak peluang terutama sepanjang jalan distrik Salkma dan Sawiat sampai saat ini belum ada bengkel sepeda motor ataupun tambal ban.

Sementara Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE dalam sambutanya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Sorong Selatan Drs.Marthinus Salamuk menyampaikan bahwa pelatihan kerja diselenggarakan dan diarahkan untuk membekali,meningkatkan dan mengembangkan kompotensi kerja guna meningkatkan kemampuan,produktifitas dan kesejahteraan.

Untuk itu pemerintah Sorong Selatan terus berpacu mamajukan sumber daya manusia yang siap pakai dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dalam segala sektor secara khususnya pelatihan dibidang ketenagakerjaan yang siap maju mandiri dan bersaing dalam dunia usaha.

Menurutnya sampai saat ini sudah banyak tenaga kerja yang dilatih sudah terserap untuk mengisi lowongan pekerjaan di pemerintahan maupun di swasta,namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa masih banyak peserta pelatihan yang belum terserap dikarenakan keterbatasan peluang kerja yang belum tersedia.
“Dengan pelatihan ini saya berharap dapat menciptakan peluang dan kesempatan kerja yang baru dikabupaten Sorong Selatan,” ujar Marthinus

Lebih lanjut Marthinus menyampaikan bahwa angka pengangguran disorong selatan setiap tahun semakin meningkat untuk itu pemerintah telah berupaya menggelar kegiatan ini.Pihaknya berharap dengan digelar pelatihan ini para peserta mampu menyerap dan memahami setiap materi yang diberikan oleh para instruktur.

Pos terkait