Makin Parah,Jalan Poros Matallo Akhirnya Dilirik Pemerintah, Warga Berharap Agar Penanganan Segera Dilakukan

Toraja Utara, Kabartimur.com- Ruas Jalan poros Sa’dan Matallo yang semakin tahun makin parah kondisinya akhirnya mulai dilirik oleh pemerintah, warga berharap penanganan ruas jalan yang nyaris putus tepatnya di lingkungan Bobatu Selatan Kelurahan Sa’dan Matallo tersebut segerah ditangani.

Sesuai informasi yang diterima media bahawa tanda-tanda kerusakan di ruas jalan ini sudah mulai Nampak sejak 8 tahun lalu tidak berselang lama saat ruas jala ini baru selesai ditingkatkan, makin tahun kerusakannya makin bertambah dan saat ini sudah semakin parah.

Menurut warga kemungkinan rusaknya ruas jalan ini karena saluran air (gorong-gorong) yang melintas di bawah ruas jalan tidak berfungsi dengan baik, akibatnya badan jalan terus tergerus oleh air yang akhirnya membuat lubang besar.

“ titik ini awalnya ada dekker, tapi setelah pengaspalan terakhir dekkernya sudah tidak bangun lagi, hanya memasang gorong-gorong, jadi tidak ada lagi talud yang menjaga pangkal dan ujung gorong-gorong ini akhirnya longsor sedikit demi sedikit” Ungkap Papak Putri, pemilik rumah yang juga berpotensi longsor apabilah kondisi di titik tersebut segerah dibenahi.

Baca Juga :   Satu Pekan Ini, Unit Tipidter Polres Torut Memanggil 2 Pejabat Pemda

Setelah perjuangan yang panjang, titik tersebut akhirnya mulai dilirik oleh pemerintah Toraja Utara, kepada Wartawan beberapa waktu lalu Camat Sa’dan Yamarlin Mangngiri menyampaikan bahwa kondisi jalan yang ada di lingkungan Bobatu Selatan tersebut sudah dipantau langsung dan sudah dilakukan pengukuran oleh Dinas PUPR beberapa waktu lalu.

Perhatian dari pemkab Toraja Utara dalam hal ini dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat diapresiasi oleh Camat Yamarlin, Ia berharap agar penanganan secara teknis dapat segera dilakukan sebelum ruas jalan tersebut putus total.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Bidang Bina marga dinas PUPR Toraja Utara Jhon M. T membenarkan bahwa pihaknya sudah melakukan survei dan pengukuran di lokasi yang dimaksud, hal tersebut menandakan bahwa sudah dalam tahap perencanaan.

“ betul, sudah disurvei oleh tim kami dan sementara dalam tahap perencanaan” Singkat Jhon melalui pesan Whatsapp-Nya. *Matius/ Soetanto*

Pos terkait