Kini Punya Ruang Rawat VIP, Bupati Mambor Ingin Mutu Layanan RSUD Alberth Torey Semakin Mantap

WASIOR, Kabartimur.com – Rumah Sakit Umum Daerah  DR.Alberth H.Torey (AHT) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat kini dilengkapi ruang rawat inap kelas VIP (very important person).

Peresmian ruang rawat inap VIP yang diberi nama Ruangan Cenderawasih dilakukan Bupati Hendrik Mambor bersama Wakil Bupati Andarias Kayukatuy, Selasa, 16 April 2024.

Bupati mengatakan penyediaan ruang rawat inap VIP merupakan upaya untuk meningkatkan kepuasan terhadap layanan medis di rumah sakit milik Pemkab Teluk Wondama itu.

“Tahun ini Kabupaten Teluk Wondama memasuki usia 21 tahun dan RSUD berusia 12 tahun. Ini artinya ada peningkatan-peningkatan yang terjadi. Kita patut bersyukur untuk itu. Ini adalah bagian daripada bagaimana kita meningkatkan kualitas pelayanan dalam bidang kesehatan kepada masyarakat, “kata bupati.

Bupati menambahkan kehadiran ruang rawat VIP juga untuk menjawab kebutuhan ruangan di RSUD DR.AHT yang masih terbatas. Terutama untuk memenuhi kebutuhan ruang rawat inap bagi peserta BPJS Kesehatan.

Baca Juga :   1 Mei 2020, Iuran Peserta Segmen PBPU dan BP Telah Disesuaikan

Adapun sebelum ini, RSUD DR.AHT hanya punya lima tempat tidur untuk ruang rawat inap kelas I, 14 tempat tidur untuk kelas II dan 84 tempat tidur untuk kelas III.

 

Mambor mengharapkan dibukanya ruang rawat inap VIP diikuti pula dengan kualitas layanan medis yang semakin mantap.

“Kita mengharapkan pelayanan kesehatan di RSUD DR.Alberth H. Torey semakin standar dalam mutu dan keselamatan pasien,” pesan kepala daerah.

Direktur RSUD DR.AHT dr Yoce Kurniawan menjelaskan, pembukaan ruang rawat VIP dilakukan untuk menjawab tuntutan kebutuhan ruangan perawatan yang memadai bagi para pasien.

Terlebih karena ketersediaan ruang rawat inap di RSUD DR.AHT yang sejak 2021 naik kelas menjadi rumah sakit tipe C masih sangat terbatas.

“Sehingga kita buatlah ruangan ini (Ruangan Cenderawasih). Itupun tidak semua untuk ruang VIP karena keterbatasan ruangan. Jadi di sini ada 5 ruangan, hanya dua yang VIP dan kelas I ada tiga ruangan, “terang dr.Yoce.

Baca Juga :   Gantikan Murwoto, AKBP Danang Sarifudin Ingin Wondama Lebih Aman dan Maju

Meski berstatus ruangan VIP, dr Yoce menjamin keberadaan ruangan kategori eksekutif itu tidak hanya untuk kalangan pejabat maupun orang-orang penting dan berduit saja. Tetapi tetap bisa digunakan untuk masyarakat umum yang membutuhkan.

Dia juga menjamin standar pelayanan medis di ruang VIP sama dengan ruang kelas I, kelas II maupun kelas III.

“Ini tidak hanya untuk pejabat-pejabat saja. Kelas VIP tetapi standar pelayanan kita untuk setiap kelas sama saja. Mungkin hanya beda fasilitas aja, “sambung dokter spesialis saraf ini.

Untuk diketahui, RSUD DR.AHT Kabupaten Teluk Wondama yang kini telah berusia 12 tahun sudah naik kelas menjadi rumah sakit tipe C sejak 2021.

RSUD Teluk Wondama yang mulai beroperasi pada 2012 juga telah meraih status akreditasi paripurna atau bintang lima sejak 2022.

dr Yoce mengungkapkan saat ini di RSUD Teluk Wondama yang sudah berstatus BLUD (Badan Layanan Umum Daerah)  memiliki 321 pegawai.

Baca Juga :   SD YPK Yende - Distrik Roon Punya Kepala Sekolah Baru, Dinas Harap Aktivitas Pendidikan Kembali Normal

Terdiri dari 110 orang berstatus ASN, 26 orang PPPK, 144 honorer dan 11 pegawai magang serta 31 orang tenaga cleaning service.

“Tempat tidur sebanyak 103 bed. Sekarangpun 103. Jadi ketambahan lima ini adalah dipindahkan dari ruangan kelas tiga ke sini. Jadi jumlah tempat tidur tetap hanya kelasnya yang berbeda, “papar dr.Yoce.

Turut hadir dalam peresmian ruang VIP RSUD DR.AHT, Kapolres AKBP Hari Sutanto, Ketua Komisi A DPRK Teluk Wondama Robert Gayus Baibaba bersama dua anggota komisi A, Luther Tandian dan Edi Renmaur.

Juga Ketua Tim Penggerak PKK Ny.Sri Maryanti Mendila dan Ketua GOW Ny.Ice Pabutungan serta sejumlah pimpinan OPD Pemkab Teluk Wondama. (Nday)

 

Pos terkait