Buka Pelatihan Penyuluh, Pj Bupati Edu Nunaki Ingin PPL Wondama Terampil dan Profesional

  • Whatsapp

WASIOR – Penjabat Bupati Teluk Wondama Eduard Nunaki, Selasa siang (13/4) membuka Pelatihan Penilaian Kelas Kemampuan Kelompok Tani bagi Penyuluh Pertanian di lingkup Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Teluk Wondama.

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan kapasitas para penyuluh pertanian (PPL) dalam membina kelompok tani di Wondama.

Peningkatan kemampuan teknis PPL dalam membuat penilaian diharapkan bisa mendorong peningkatan kelas kelompok tani di Wondama yang sejauh ini masih berada pada kategori pemula.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Teluk Wondama Teddy Lekito mengatakan, setidaknya ada 3 permasalahan utama yang dihadapi sektor pertanian di Wondama yang perlu dituntaskan secara bersama-sama.

Yakni sistim usaha tani yang masih menggunakan pola tradisional, kelembagaan pertanian yang belum berjalan baik dan sumber daya manusia pertanian yang belum memadai.

“Jadi pelatihan seperti ini penting agar penyuluh memiliki kemampuan untuk membina para petani dalam rangka menaikkan kelas kemampuan kelompok tani kita,”ujar Tedy dalam sambutannya.

Pj Bupati Eduard Nunaki mengapresiasi pelatihan bagi para penyuluh yang digelar Dinas Pertanian dan Pangan.

Dia berharap pelatihan yang menghadirkan narasumber Ahmad Dedy Syathori dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan Malang, Jawa Timur itu dapat membuat para PPL di Wondama menjadi lebih terampil dan profesional.

“Saya harapkan pelatihan ini diikuti dengan baik supaya bisa meningkatkan kemampuan para penyuluh kita sehingga menjadi penyuluh pertanian yang profesional, “pesan Nunaki. (Nday)

 

Pos terkait