Seleksi SBMPTN Kembali Mengalami Perubahan dari Jadwal Sebelumnya

  • Whatsapp

MANOKWARI — Sejumlah perubahan terjadi dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau (SBMPTN) akibat adanya Covid 19.

Kepala Biro Perencanaan Akademik dan Kemahasiswaan Unipa Sri Sulistiawati mengatakan, saat ini Unipa tengah mempersiapkan diri dalam membuka seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri atau (SBMPTN) yang sebelumnya dilakukan dalam beberapa tahap seleksi, namun kini ada terjadi perubahan saat sosialisasi awal dilakukan dan waktunya pun sudah semakin dekat apalagi ditambah dengan adanya situasi covid saat ini.

Bacaan Lainnya

Adapun Perubahan yang dimaksudkan diantaranya untuk pelaksanaan tes yang sebelumnya ditetapkan dua kali pelaksanaan tes yaitu tes potensial akademik dan tes potensi skolastis, kini hanya dilakukan 1 kali tes, yaitu tes potensi skolastis atau tes tentang pengetahuan umum.

Baca Juga :   Covid 19, Dispen PB Akan Berlakukan Penyederhanaan Kurikulum

Kemudian peserta juga hanya di ijinkan mengambil 1 kali tes, dari 2 kali tes, sedangkan untuk pelaksanaan tes dari 2 sesi dalam sehari, kini  dilakukan selama 4 sesi setiap harinya. Sementara untuk pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan SBMPTN hanya dilakukan selama 1 kali oleh peserta.

Lebih lanjut Sri mengatakan untuk pendaftaran UTBK dan SBMPTN di unipa, akan berlangsung pada taggal 2 sampai dengan 20 juni 2002, kemudian untuk pelaksanaan UTBKnya mulai tanggal 5 sampai 12 juli 2020 dan pengumumannya yaitu tanggal 25 juli 2020.

Dikatakan Sri, Untuk peserta yang ada di wilayah papua barat bisa memilih tempat di Manokwari yang bertempat di UPT TIK Unipa, sedangkan di kota sorong akan dilaksanakan tes di SMK negeri 3 Sorong

Sri juga menyampaikan bahwa unipa masih akan melakukan 1 kali pelaksanaan tes lokal setelah pelaksanaan SBMPTN. Selain itu dirinya berharap agar siswa yang telah lulus dari SMA Maupun SMK bisa mengecek langsung ke Website milik Bphk Unipa terkait informasi penerimaan. (QZ)

Baca Juga :   Pembelajaran Tatap Muka di Satuan Pendidikan PB Hanya Diberlakukan  Pada Daerah Zona Hijau

Pos terkait