Raker Bupati se-Papua Barat di Wondama, Panitia Jadwalkan Kunjungan Refreshing ke Lokasi Wisata

WASIOR – Pemkab Teluk Wondama selaku tuan rumah pelaksanaan rapat kerja (Raker) bupati/wali kota se Provinsi Papua Barat tahun 2020 menyiapkan agenda tambahan bagi para tamu daerah yang datang.

Rencananya di bagian akhir kegiatan seluruh tamu yang datang akan diajak berwisata ke sejumlah daerah wisata. Salah satunya adalah ke Pulau Roon. Adapun Raker Bupati tahun 2020 direncanakan berlangsung pada 30-31 Maret mendatang.

“Kita berencana membawa rombongan raker bupati ke Pulau Roon karena di sana kan sedang ada pembukaan sasi selama dua bulan. Jadi nanti para bupati dan tamu lainnya bisa mancing di titik-titik yang sudah di-sasi kan pasti banyak ikannya, “ kata Sekda Denny Simbar saat memimpin rapat panitia Raker bupati di Gedung Sasana Karya, kompleks perkantoran Pemda di Isei, Jumat.

Baca Juga :   Siswa di Wondama Belum Bisa Baca Tulis, Pemkab Salahkan Minimnya Guru dan Fasilitas

Sasi sendiri adalah bentuk kearifan lokal masyarakat dengan cara menutup kawasan laut dalam luasan tertentu dari seluruh aktivitas penangkapan ikan selama kurun waktu tertentu.

Di Pulau Roon sendiri tepatnya di Kampung Menarbu, masyarakat setempat telah melakukan penutupan Sasi selama 2 tahun dan direncanakan akan mulai dibuka pada 17 Maret nanti.

“Masyarakat di sana sudah siapkan lokasi yang sengaja tidak dibuka dulu untuk kunjungan para bupati dan wali kota ke sana, “ ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan Yefta Siregar yang sebelumnya merupakan Kepala Distrik Roon.

Objek wisata lain yang juga masuk dalam rencana lokasi yang dikunjungi adalah Situs Batu Peradaban di Bukit Aitumeiri juga wisata pantai di Kepulauan Auri.
“Selain untuk refreshing kita manfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan potensi wisata kita, “ ucap Sekda Simbar. (Nday)

Pos terkait