Partisipasi Komunitas Wikimedia Manokwari dalam Konferensi WikiNusantara 2024: Mengangkat Bahasa dan Budaya Papua

Bogor, kabartimur.com – Komunitas Wikimedia Manokwari yang diwakili oleh Pungkas Nurrohman, Muhammad Hussen, Suardi Sahid, dan Diyah Nur Wulantami berangkat menuju Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 01 Mei 2024 untuk mengikuti Konferensi WikiNusantara 2024 pada 02-05 Mei 2024 di Hotel Swiss-Belinn Bogor.

Agenda pra-konferensi berupa Photowalk menjadi kegiatan perdana yang dilakukan. Kegiatan tersebut mengunjungi tempat-tempat yang menjadi tengara di Kota Bogor.

“Kegiatan pra-konferensi ini menarik, selain tempat yang dikunjungi memang bernilai sejarah, seperti Kebun Raya Bogor, tetapi ada juga tempat yang mana pemerintah dengan sengaja menciptakan museum yang tidak banyak berisi benda bersejarah namun dapat menceritakan sejarah, seperti Bumi Prawira. Sebuah ide yang sangat mungkin bisa dieksplorasi oleh pemerintah Kabupaten Manokwari sebagai Ibukota Provinsi Papua Barat.” ujar Muhammad Hussen.

Kegiatan berikutnya yaitu sejumlah lokakarya yang masih dalam agenda pra-konferensi. Salah satu lokakarya yang diselenggarakan yaitu Lokakarya WikiTutur sebagai wahana pelestarian bahasa daerah di Indonesia.

Baca Juga :   Dongkrak Kualitas Pendidikan, DPRD Usul 5 Agenda Aksi ke Pemkab Wondama

“Pemanfaatan Lingua Libre ini sangat cocok untuk mendokumentasikan bahasa daerah di Tanah Papua yang perlahan-lahan mulai punah. Lingua Libre tidak hanya mendokumentasikan lema, tetapi juga mendokumentasikan dialek, yang mana jumlah dialek bahasa daerah di Papua lebih banyak dari bahasa daerah itu sendiri.” ujar Suardi Sahid.

Pada konferensi berlangsung, Komunitas Wikimedia Manokwari terlibat dalam kelas berjudul Sekolah dasar di Papua Barat dan Papua Barat Daya dalam data. Kelas tersebut mempresentasikan kegiatan yang dilakukan Komunitas Wikimedia Manokwari berupa memasukkan data sekolah dasar di seluruh Kabupaten Sorong, Kota Sorong, Kabupaten Manokwari, dan Kabupaten Manokwari Selatan sejumlah 364 sekolah dasar di Wikidata.

“Hal ini dilakukan sebagai reaksi dari keresahan kami karena selama ini di beberapa proyek Wikimedia sangat jarang ditemui informasi terkait Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya.” ujar Pungkas.

Baca Juga :   Rekomendasi DPRD Wondama Soal Pendidikan : Dana Beasiswa, Penambahan Sarpras hingga Optimalisasi Dana BOS
(Foto: Istimewa)

Konferensi WikiNusantara 2024 juga dihadiri oleh Ester Dani Sihombing yang merupakan perwakilan dari Media dan Komunikasi UNESCO. Pada kelas Digital Initiatives for Indigenous Languages, Ester Sihombing mengajak seluruh pihak di tingkat nasional maupun internasional untuk melestarikan, merevitalisasi, dan mendorong penggunaan bahasa-bahasa daerah.

“Kepulangan kami ke Manokwari akan membawa banyak pekerjaan rumah, salah satunya adalah berkolaborasi dengan UNESCO dalam upaya melestarikan bahasa-bahasa daerah di Tanah Papua.” optimis Diyah.

Konferensi WikiNusantara 2024 dihadiri oleh 14 (empat belas) komunitas dan peserta individu yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dari Sumatera hingga Papua. Selain agenda konferensi, pada WikiNusantara 2024 juga diselenggarakan WikiCendekia, yaitu pelatihan bagi para calon pelatih. Suardi Sahid dan Diyah Nur Wulantami adalah perwakilan Komunitas Wikimedia Manokwari yang mengikuti WikiCendekia. Diharapkan, keduanya dapat melatih masyarakat Manokwari untuk terlibat dalam proyek-proyek Wikimedia sebagai wahana membebaskan pengetahuan segala hal seputar kearifan lokal Papua.

Narahubung Komunitas Wikimedia Manokwari: instagram.com/wikimanokwari

Pos terkait