KPU Akan Menggunakan Aplikasi SIAKBA Dalam Proses Rekrutmen PPK Dan PPS

HALTIM,Kabartimur.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut),akan menggunakan aplikasi SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc) dalam proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilu 2024.

Komisioner KPU Kordiv Sosialisasi pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM, Rahmawaty Bangsa mengatakan pemanfaatan teknologi informasi menjadi program prioritas KPU dalam menyiapkan database penyelenggara sehingga akan memudahkan dalam merekrut anggota PPK dan PPS yang kompeten.

“SIAKBA akan membantu proses pendaftaran dan pengelolaan data anggota KPU dan badan adhoc dilingkungan Komisi Pemilihan Umum,“ jelas Rahmawaty

Menurutnya, SIAKBA yang dikembangkan oleh KPU RI akan melengkapi berbagai aplikasi digital yang digunakan dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024. Sebelumnya dalam proses pendaftaran partai politik calon peserta pemilu digunakan aplikasi SIPOL (sistem informasi partai politik) dan aplikasi SIDALIH (sistem informasi data pemilih) untuk pemutakhiran data pemilih.

Baca Juga :   Wabup Andi Kayukatuy Jadi Irup Upacara Penurunan Bendera

Lebih lanjutnya, Rahmawaty mengungkapkan
SIAKBA mempermudah pendaftar Adhoc setidaknya terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan setiap pelamar PPK dan PPS melalui SIAKBA; dimulai dari melakukan registrasi akun SIAKBA, melakukan aktiviasi melalui link yang dikirim via email, login masuk SIAKBA, isi data diri, pilih seleksi dan unggah dokumen, cek kelengkapan dokumen.

“Langkah selanjutnya adalah cek hasil verifikasi administrasi, cek hasil tes tertulis, cek hasil wawancara dan cek hasil seleksi,” terangnya.

Ia menambahkan perekrutan PPK dimulai tanggal 15- November 1 desember 2022 dan PPS 15- Desember – 1 Januari 2023
“tapi saat ini masih bersifat tentatif sampai diundangkannya PKPU dan juknis terkait pembentukan adhoc.

Kami KPU Kabupaten Halmahera Timur berharap melalui aplikasi SIAKBA dapat mempermudah pendaftar yang berada di wilayah yang jauh dari kota kabupaten disamping itu juga dapat meringankan bajet pengeluaran,”Tutupnya
(Red/Ruslan)

Pos terkait