Kelebihan Muatan,KM Citra Harapan Tenggelam di Perairan Bajoe

  • Whatsapp

Bajoe Kabartimur Akibat kelebihan muatan (overload) kapal Motor (KM) Citra Harapan tenggelam di perairan Bajoe Minggu 5 Agustus 2018 sekira pukul 06.00 Wita. Kapal naas ini diawaki empat ABK dan 4 penumpang. Kapal yang dinakhodai  Pandi (30) warga Sulawesi Utara ini saat berlayar  sarat dengan muatan sembako yang diduga jauh melebihi kapasitas kapal, akibatnya kapal menjadi oleng dan akhirnya tenggelam di sekitar perairan Bajoe.

KM Citra Harapan berlayar dari pelabuhan Bajoe menuju pelabuhan Kabaena Sultra. Akibat muatan yang sangat dipaksakan, kapal yang memang dikususkan untuk angkutan barang ini mulai oleng dan kemasukan air, awak kapal yang beruaha keras menyelamatkan kapal dan muatannya tak dapat membendung derasnya air laut yang masuk ke buritan kapal. Perlahan tapi pasti KM Citra Harapan mulai karam bersama muatannya. Kerugian akibat peristiwa ini diduga mencapai Rp 700 juta.

Mendapat laporan adanya kapal yang tenggelam Polsek kawasan Bajoe dan Polairud syahbandar dan Basarnas bergerak cepat dan berhasil mengevakusi nakhoda bersama 4 ABK dan penumpang. Berapa barang muatan juga masih sempat diselamatkan. Hingga berita ini diturunkan, pihak berwenang masih melakukan evekuasi (men)

Pos terkait