Jelang Ramadhan, Dinas Ketahanan Pangan Haltim Cek Stabilitas Harga Sembako

  • Whatsapp

KABARTIMUR,HALTIM – Menjelang Bulan Suci Ramadhan Dinas Ketahanan Pangan (KETPANG) Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) Melakukan Pengecekan Stabilitas Harga Pangan di pasar-pasar yang ada.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Kartono.S.ST menjelaskan bahwa menjelang bulan Suci Ramadhan pihaknya telah melakukan agenda pengecekan harga sembako dengan melakukan peninjauan langsung ke dalam pasar guna mengetahui stabilitas harga bahan pokok pangan akibat merebaknya virus Covid-19 atau virus Corona yang menyebabkan berbagai gangguan baik Ekonomi maupun efek lainnya.

Kartono menyebut , dipasar Subaim sampai saat ini harga dan stok masih stabil seperti beras, ikan, ayam serta telur harga dan masih mencukupi, namun harga cabe keriting terbilang meroket dari harga yang biasanya berkisar Rp.60.000-70.000 naik menjadi Rp.80.000-90.000.

“Kenaikan harga cabe dikarenakan mungkin karena kondisi cuaca hama dan lain-lain dan bukan hanya di daerah Halmahera Timur tapi sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami kenaikan karena faktor tersebut menghambat hasil panen berkurang dan terjadinya kelangkaan Cabe dan akhirnya harganya melambung tinggi” terang Kartono.

Untuk mengantisipasi kenaikan dan kelangkaan sembako Kartono menegaskan Dinas Ketahanan Pangan menjelang Bulan Ramadhan setiap harinya akan melakukan pengecekan harga sembko di semua pasar yang ada di Halmahera Timur dan setiap datanya akan dirilis setiap Minggu dan juga akan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait Dinas Pertanian Perkanan dan Peternakan untuk mengantisipasi jika ada kelangkaan Kebutuhan Pokok Bulan Puasa. (Ruslan/red)

Pos terkait