Empat Bapaslon Pilkada Wondama Teken Pakta Integritas Wujudkan Pemilu yang Jurdil Damai dan Aman Covid-19

  • Whatsapp

WASIOR – Empat Bakal Pasangan Calon yang akan menjadi peserta Pilkada 2020 di Kabupaten Teluk Wondama berkomitmen mewujudkan Pilkada yang sehat, jujur, adil, aman dan damai.Komitmen itu dituangkan dalam Pakta Integritas yang ditandatangani bersama, Rabu (16/9) di Mapolres Teluk Wondama di Isui.

Bapaslon yang hadir langsung menandatangani Pakta Integritas adalah Pasangan Bernadus Imburi-Zeth Marani (BERIMAN), Paulus Indubri-Kuro Matani (IDAMAN) serta bakal calon wakil bupati dari pasangan Independen Andarias Kayukatuy.

Sementara Pasangan Elysa Auri-Fery Auparay (A2) berhalangan hadir termasuk bakal calon bupati Hendrik Mambor.

Hadir sebagai saksi Kapolres AKBP Yohanes Agustiandaru, Ketua KPUD Monika Elsy Sanoy dan Ketua Bawaslu Menahen Sabarofek. Ikut hadir Sekda Teluk Wondama Denny Simbar, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 dr.Yoce Kurniawan, Kepala Badan Kesbangpol Ortizans Marini serta para ketua tim pemenangan dan ketua parpol pendukung.

Penandatanganan Pakta Integritas mewujudkan Pilkada yang sehat aman dan damai dilakukan secara serentak oleh seluruh Bapaslon yang akan menjadi kontestan Pilkada 2020 di 9 kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat. Kegiatan itu diikuti secara langsung melalui video conference dari Mapolda Papua Barat di Manokwari.

Melalui Pakta Integritas yang ditandatangani bersama itu, semua Bapaslon Pilkada 2020 menyatakan bersedia mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka mencegah dan menanggulangi Covid-19 pada semua tahapan Pilkada.

Ada empat poin yang menjadi komitmen semua calon kontestan Pilkada 2020. Pertama, mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan di NKRI terutama PKPU nomor 10 tahun 2020 tentang Perubahan atas PKPU nomor 6 tahun 2020.

Kedua, tidak mengumpulkan masyarakat melebihi yang ditentukan penyelenggara pemilihan dan tidak melibatkan ibu hamil, anak dan lanjut usia.

Ketiga, menyiapkan tim kesehatan di setiap tahapan pemilihan. Dan keempat, bersedia menerima konsekuensi hukum terhadap pelanggaran isi Pakta Integritas.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan deklarasi bersama mewujudkan Pilkada Serentak yang sehat dan Jurdil oleh KPU, Bawaslu, Parpol serta elemen lain yang terkait. Seperti Pakta Integritas yang diteken para Bapaslon, ada 3 poin utama yang dinyatakan dalam deklarasi itu.

Pertama, bersama-sama menjunjung tinggi asas salus populi suprema lex esto bahwa keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi.

Kedua, melaksanakan dan mewujudkan pemilu serentak 2020 yang sehat dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dan ketiga, melaksanakan dan mewujudkan pemilihan serentak 2020 yang jujur adil aman damai, berintegritas tanpa hoax dan tanpa politisasi SARA.

“Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, bagaimana kita nanti menciptakan suasana Pilkada yang aman damai sehat. Kami berharap Bapaslon dan parpol pendukung untuk mentaati protokol kesehatan, jaga jarak utamanya, “pesan Kapolres. (Nday)

Pos terkait