Antisipasi Corona, Bupati Imburi Imbau Warga Budayakan Pola Hidup Sehat dan Banyak Berdoa

  • Whatsapp

WASIOR – Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi mengimbau masyarakat bersiap diri mengantisipasi penyebaran viris Corona jenis baru atau Covid-19 dengan membudayakan pola hidup bersih dan sehat.

Masyarakat juga diajak untuk melakukan pencegahan secara mandiri seperti membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir atau dengan hand sanitizer, membatasi menyentuh area wajah sebelum mencuci tangan, membatasi berjabat tangan dan menjaga jarak dengan orang lain.

Selain masyararakat juga diminta melakukan deteksi dini dan pengenalan awal gejala Covid-19 serta tak ragu untuk memeriksakan diri jika merasakan gangguan kesehatan yang mirip gejala Covid-19. Juga mengurangi kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Himbauan itu tertuang dalam surat edaran nomor 46/III/Bup-TW/2020 tentang Imbauan Kesiapsiagaan Pencegahan Penyebaran Penyakit Infeksi Corona Virus (COVID-19) tertanggal 16 Maret 2020.

“Saya harap edaran itu disampaikan ke distrik dan kampung supaya masyarakat tahu untuk bisa melindungi diri. Tetapi satu hal yang juga penting kita harus berdoa dengan sungguh-sungguh dan kita percaya Tuhan melindungi kita dari virus ini, “ ucap bupati usai menutup kegiatan Forum OPD di gedung Sasana Karya di Isei, Senin sore.

Ditemui sebelumnya Sekretaris Daerah Denny Simbar menyebut, pada Senin siang, dirinya telah menggelar rapat awal dengan pihak-pihak terkait tentang upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Tadi dalam rapat sudah diputuskan agar BPBD segera membentuk gugus tugas untuk penanganan penyebaran virus Corona ini. Kita harapkan dalam beberapa hari gugus tugas sudah terbentuk supaya bisa dirumuskan langkah-langkah apa yang harus kita lakukan. Tapi kalau di RS (RSUD) sudah melakukan persiapan untuk penanganan pertama, “ ujar Simbar. (Nday)

Pos terkait