SMP N 27 Manokwari Resmi Beroperasi

  • Whatsapp

MANOKWARI, Kabartimur.com- Guna Menjawab kebutuhan masyarakat untuk pendidikan jenjang SMP di area Bumi Marina, pemerintah kabupaten Manokwari melalui dinas pendidikan mendirikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 27 Manokwari yang diresmikan langsung oleh Bupati Manokwari, Hermus Indou yang ditandai dengan pembukaan papan selubung dan pengguntingan pita Rabu, (18/5/2022).

Kepala Dinas pendidikan kabupaten Manokwari, Martinus Dowansiba selaku ketua panitia pembangunan sekolah menjelaskan bahwa didirikannya sekolah tersebut Menunjang percepatan pendidikan 9 tahun dan Meningkatkan kualitas manusia dibidang Pendidikan serta meminimalisir penumpukan penerimaan siswa baru setiap tahunnya.

Bacaan Lainnya

Martinus menyebut bahwa Lokasi pembangunan SMP N.27 berada di lokasi bumi Marina distrik Manokwari barat yang ditunjang dengan Sarana prasarana dan memiliki 4 ruang kelas yang telah dilengkapi kursi dan meja dan toilet.

Disisi lain Martinus mengungkapkan bahwa SMP N 27 sebagai sekolah baru masih memiliki kekurangan Ruang guru, perpustakaan dan laboratorium sehingga butuh dukungan dari pemerintah.

Adapun tenaga pendidik yang akan mengajar di SMP negeri 27 Manokwari diambil SMP dari sekolah negeri di Manokwari dan tenaga guru kontrak.Sementara anggaran pembangunan bersumber dari dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019.

Pada kesempatan yang sama Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada dinas pendidikan dan panitia penyelenggara yang telah bekerja secara maksimal hingga bangunan SMP Negeri 27 Manokwari bisa dioperasikan.

Bupati mengungkapkan bahwa Penyelenggaraan pendidikan dasar tingkat SD dan SMP memegang peran penting bagi anak sehingga Pemda Manokwari melalui visi misinya akan menjadi prioritas yang harus diperhatikan karena merupakan salah pusat pembangunan peradaban bangsa untuk mengembangkan sumber daya manusia.

“Pemerintah berkewajiban menata pembangunan pendidikan yang kuat dan mampu memproduksi sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki akses pendidikan yang lebih tinggi” harap Bupati.

Bupati menyampaikan bahwa pendidikan Sebagai sumber transportasi peradaban maka penyelenggaraan pendidikan dasar mampu mengembangkan sumber daya manusia yang mampu berdaya saing secara global ketingkat nasional dan juga akses pendidikan masyarakat semakin meningkat dengan kualitas yang lebih baik.

Bupati berpesan agar setelah gedung sekolah diresmikan maka aktivitas bisa berlangsung. (Ver/Red)