Sekda Haltim Harap Pembuatan KLHS Harus Mengakomodir Isu-Isu Strategis

HALTIM,KABARTIMUR – Sekretaris Daerah (SEKDA) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut) Ricky Chaerul Richfat ST.MT membuka secara resmi Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategris (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Halmahera Timur yang berlangsung diruang Rapat Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), Kamis (03/05/2021).

Dalam sambutannya, Sekda Ricky Chaerul Richfat menyampaikan bahwa Tim KHLS RPJMD Tahun 2021 – 2025 bertugas melakukan pengkajian pembangunan berkelanjutan terhadap tujuan Pembangunan Kabupaten Halmahera Timur dengan melakukan serangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh dan partisipatif untuk memastikan bahwa kaidah membangun berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan satu wilayah.

Sekda mengatakan, Pembuatan KLHS juga harus mengakomodir isu-isu strategis yang berkembang di masyarakat. Dengan demikian KLHS akan menjadi konsep yang up to date yang menggabungkan konsep ilmiah dengan pendekatan partisipatif.

Baca Juga :   Nasdem Usulkan PAW Pemenang Kedua Irfan Karim

Sekda juga mengapresiasi kegiatan meeting dan berharap dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab sehingga dapat dipastikan Perencanaan Pembangunan sudah mempertimbangkan moral pembangunan dan kaidah partisipatif (aspirasi masyarakat).

Pihaknya berharap melalui rapat dan kerjasama antara Pokja dan Tim ahli LPM Pascasarjana universitas Hasanuddin Makassar yakni adanya transfer pengetahuan dan juga untuk semua OPD yang ada dalam indikator dilibatkan dan terlibat aktif dalam penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Kick Of Meeting Penyusunan KLHS ini diikuti oleh peserta dari OPD terkait, dan Tim Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D). (RH/Red)

Pos terkait