MANOKWARI

Presiden Jokowi: Pemekaran di Papua dan Papua Barat Tunggu Usulan dari Bawah

MANOKWARI, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pegunungan Arfak, dalam lawatan tersebut, ia mengatakan soal pemekaran di Papua harus menunggu usulan dari bawah.

“Saya menunggu usulan dari bawah, usulan ke saya seperti apa kalau nanti ke saya baru akan kita putuskan,” kata Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Kabupaten Pegunungan Arfak, Minggu (27/10/2019).

Presiden berkunjung ke Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kabupaten Kaimana Papua Barat setelah dilantik untuk periode ke dua. Presiden di dampingi Ibu Negara, Gurbenur Papua Barat Dominggus Mandacan, Bupati Pegaf Yosias Saroi dan sejumlah menteri kabinet menemui Warga Pegunungan Arfak di Ibukota Anggi.

Sementara Menteri dalam Negeri, Tito Karnavian yang juga ditemui di Pegunungan Arfak mengatakan, soal pemekaran di Papua dan Papua Barat tergantung kebutuhan.

“Kita lihat aspirasi dari bawah apa, mana kebutuhan Provinsi mana kebutuhan Kabupaten atau kota, setelah itu baru kita pelajari memenuhi syarat atau tidak dan juga ketersediaan anggaran,” kata Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Saat disinggung soal perjuangan Papua Barat Daya sebagai calon Daerah Otonomi baru selama ini mantan Kapolda Papua ini mengakui mengetahui hal itu, namun ia menegaskan pentingnya melihat skala prioritas.

“Saya tau, tapi kita lihat skala prioritas atau tidak, kalau yang prioritas seperti tadi kita lihat ada pemekaran kampung dan Distrik, mungkin itu ya jadi pertimbangan,” jelasnya.

AD

To Top