Peringati Hari Mangrove Forum Kompak Papua Barat Ajak Kolaborasi Penanaman Mangrove

MANOKWARI, Kabartimur.com -Forum Komunitas pecinta alam dan kemanusiaan (KOMPAK) adalah kumpulan kelompok Masyarakat yang bergerak terhadap aksi pelestarian lingkungan dan kemanusiaan, diinisiasi oleh beberapa orang kelompok ini rutin melakukan kegiatan penanaman mangrove setiap tahunnya.

Gerakan Kolaborasi, gerakan ini mulai dipatenkan pada tahun 2019.Salah satu Inisiator, Toto Rizqi menjelaskan kepedulian terhadap pelestarian alam, khususnya mangrove bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga menjadi tanggung jawab Masyarakat, karena yang akan menerima manfaatnya juga Masyarakat sendiri, khususnya Masyarakat yang tinggal disekitar habitat mangrove.

Bacaan Lainnya

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan penanaman Mangrove sudah dimulai sejak tahun 2012 dengan relawan melakukan penanaman dibawah bendera Forum pengurangan risiko bencana Manokwari. namun sifatnya masih bergabung dengan programnya Lembaga donor, setelah program berakhir aktifitas penanaman sempat berhenti, makanya dimualilah inisiatif mengumpulkan relawan-relawan untuk melakukan gerakan bersama, sumber anggaran nya dari patungan relawan dan juga sumbangan beberapa donatur yang masih peduli terhadap kegiatan sosial dan lingkungan.

Baca Juga :   Pemkab Wondama Usulkan 47 Calon Kampung Pemekaran

“Sumbangan relawan beragam Mulai dari 2 koker sampai puluhan koker kita kumpulkan, kalau hitungan sudah cukup kita atur strategi merencanakan kegiatannya, bahkan ada siswa SD yang menyimpan uang jajan nya untuk berdonasi”tuturnya.

Pihaknya Bersyukur atas dukungan Masyarakat dan tanaman tersebut dirawat yang mana dulunya ditanam tahun 2019 dengan panjang bibit sekitar 40cm, sekarang sudah tumbuh sekitar 1 meter.

Lanjut Toto mengajak kepada seluruh Masyarakat, ormas dan komunitas yang memiliki kepedulian yang sama untuk berkolaborasi, dengan cara berdonasi bibit atau bergabung menjadi relawan penanaman sebagai sarana wisata edukasi untuk keluarga.

“Kolaborasi tanam 4 ini kami ambil thema Kolaborasi Bersanding tidak bersaing merangkul tidak memukul. Dan setiap tahun themanya akan kita sesuaikan.
Untuk informasi lanjut Silahkan berkomunikasi dengan koordinator kegiatan Toto Rizqi 085244332204,” harapnya. (Red)

Baca Juga :   Solidaritas untuk NTT, ASN Pemkab Wondama Lakukan Penggalangan Dana

Pos terkait