Dukungan Kajian Akademik Wujudkan Penerapan Sekolah Berpola Asrama di Manokwari

MANOKWARI, kabartimur.com – Program Pemerintah Kabupaten Manokwari pada bidang Pendidikan adalah mengembangkan penerapan Sekolah Berpola Asrama.

Wujud penerapan tersebut kata Bupati Manokwari, Hermus Indou dengan memberikan perhatian khusus kepada pengembangan beberapa sekolah baik negeri maupun swasta dengan melakukan kajian akademiknya.

“Fokusnya pada pendidikan SMP, SMU/SMK. Diharapkan dapat dilaksanakan secepatnya namun harus disiapkan kajian akademiknya terlebih dahulu,” ujar Hermus usai menghadiri ramah tamah HUT ke-72 SD YPPK Santa Sisilia, Senin (20/2).

Dikatakan Hermus, setelah melakukan kajian akademik, akan diseleksi beberapa sekolah untuk diuji coba. Sistemnya adalah dengan mengubah status sekolah atau membangun Sekolah Berpola Asrama (SBA) yang baru.

“Untuk saat ini kita akan melihat, untuk SMP negeri apakah SMPN 1, SMPN 2, atau SMPN 3, kita akan lihat sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk sekolah-sekolah swasta yang diselenggarakan oleh yayasan pendidikan swasta seperti Katolik, kita akan perkuat SMP Katolik Villanova di Maripi,” katanya.

Baca Juga :   Bupati Haltim Minta Masyarakat Agar Jaga Moderasi Beragama dan Kerukunan Antar Sesama Suku

Lebih lanjut kata Hermus, untuk sekolah terpilih, Pemerintah daerah akan bekerjasama dengan komite sekolah dan pimpinan yayasan untuk memastikan kebutuhan di sekolah tersebut. Dengan demikian, status sebagai sekolah berpola asrama dan sekolah unggulan bisa diwujudkan di Kabupaten Manokwari.

“SMP Yapis, Advent dan juga YPPGI akan dilihat. Kita berharap itu akan menjadi sekolah model yang sistem pendidikannya berbeda dengan pendidikan SMP pada umumnya yang tentu menekankan pada pembentukan karakter, kedisiplinan, serta kurikulum pendidikan yang jauh lebih kompetitif guna membangun SDM khususnya siswa SMP yang jauh lebih berprestasi,” jelasnya.

Sementara untuk SMA, Hermus mengatakan, Pemerintah Kabupaten Manokwari akan fokus pada SMA Taruna Kasuari, tapi juga SMA lainnya yang sudah lebih dulu menerapkan sekolah berpola asmara.

“Sekolah lain yang akan diperkuat adalah SMA Katolik Villanova yang menjadi embrio sekolah berpola asrama yang selama ini telah berjalan,” terangnya

Baca Juga :   Ketua PPK Sabbang Selatan Harap Anggota PPS Mampu Emban Amanah Sukseskan Pemilu 2024

Bupati Hermus menambahkan, Pemkab Manokwari juga akan melihat satu SMA/SMK di dataran Warmare, Prafi, Masni, dan Sidey (Warpramasi) untuk dijadikan sekolah unggulan berpola asrama.

“Inilah bagian dari upaya Pemkab Manokwari untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Manokwari tanpa mengabaikan tanggung jawab Pemerintah Daerah terhadap pembinaan sekolah-sekolah lainnya,” tandasnya. (Red/*)

Pos terkait