Peringati 85 Tahun Baptisan Pertama Gereja Katolik di Toraja, Paroki Nonongan Gelar Bahkti Sosial.

TORAJA UTARA, Kabartimur.com- Paroki Nonongan memperingati 85 Tahun Baptisan pertama di Toraja dengan menggelar layanan kesehatan gratis. Bakti Sosial tersebut berlangsung selama 1 hari di gedung Paroki Kristus Raja Nonongan Alang-alang Minggu (19/3)

Karena jenis pelayanan yang dibuka cukup banyak sehingga beberapa jenis layanan lainnya seperti Sunatan massal dan layanan donor darah dilakukan di kantor KSP Marendeng, sama halnya dengan pelayanan Vaksinasi yang berlangsung di areal parkir Paroki.

Sesuai dengan data yang diterima media yakni layanan kesehatan gratis yang dibungkus dalam kegiatan bakti sosial ini diantaranya pelayanan Vaksinasi, sunat massal, donor darah, internis, pemeriksaan dan pengobatan gigi, pemeriksaan saraf, pemeriksaan THT, pemeriksaan kandungan serta pemeriksaan mata.

Ditemui di selah-selah kegiatan, ketua panitia bakti Sosial wilayah Paroki kristus Raja Nonongan Alex Sulle menyampaikan bahwa tenaga yang terlibat dalam kegiatan bakti sosial tersebut berasal dari berbagai Tim kesehatan yang ada di wilayah Tanah Toraja dan Toraja Utara.

Baca Juga :   Jelang Perayaan HUT RI Ke-77, Kelurahan Padarni Gelar Perlombaan Seni dan Olahraga

” Dalam pelayanan bakti sosial ini terdiri dari Tim Kesehatan Santo Lukas, Tim Kesehatan Santo Teresia, Puskesmas Sopai, Puskesmas Bua Tallu Lolo, Rumah Sakit Lakipadada, Rumah Sakit Fatima Makale
Rumah Sakit Santo Teresia Rantepao, Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Pongtiku” jelas Alex.

Pada kesempatan itu Alex juga menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial dalam rangka memperingati 85 tahun Baptisan pertama gereja Katolik di Toraja sudah berjalan sejak bulan Januari lalu dan akan berlangsung selama 9 bulan.

” Pembukaan pada waktu itu dilaksanakan di Paroki Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria Makale sementara puncak kegiatan nantinya akan dilaksanakan di Paroki Santa Theresia Rantepao” Tambahnya

Disampaikan juga bahwa, secara keseluruhan peringatan baptisan pertama di Toraja ini dikoordinir langsung oleh Kevikepan Toraja dan dilaksanakan setiap 5 tahun sekali ” kalau pelaksanaan kegiatan di tingkat paroki ada lagi kepanitiaannya, seperti kami di Paroki Kristus Raja Nonongan punya lagi tim pelaksana yang dikoordinir oleh panitia Kevikepan Toraja ” jelasnya lagi.

Baca Juga :   Aksi Bagi Bunga Dijalan, Ikatan Perempuan Arfak Serukan Tolak Rasisme

Lebih lanjut Alex menyampaikan bahwa pada perayaan kali ini paroki Kristus Raja Nonongan menggelar tiga kegiatan yakni Ibadah Syukur yang disebut Syukuran Tallu Lolona, kemudian Seminar Pengantar dan terakhir bakti sosial.

” Ini adalah kegiatan terakhir, dan kami bersyukur bahwa respon masyarakat cukup tinggi, kemarin waktu kegiatan seminar pengantar juga berjalan dengan baik dan diminati banyak warga. Atas kepercayaan ini kami sampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah mau terlibat, terutama kepada tim-tim kesehatan yang pada saat ini boleh mengambil bahagian” Aku Alex

Tidak lupa, Alex Sulle juga menyampaikan ucapan Terimakasih kepada pemerintah daerah Tana Toraja dan Toraja Utara atas dukungan yang diberikan kepada pihak panitia.

” Kami merasa bahwa kami mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah sebab setiap kegiatan selalu dihadiri oleh bapak Bupati. Disamping itu, dukungan moril kegiatan perayaan ini juga mendapat dukungan materil dari pemerintah”ungkapnya. ( Red/ ST)

Baca Juga :   Presiden Minta REI Perhatikan Backlog Perumahan di Indonesia

Pos terkait