HUT ke-25, Wabup Andi Kayukatuy Minta BUMN Proaktif Angkat Perekonomian Daerah

WASIOR – Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy berharap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di daerah itu dapat berperan aktif  mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Adapun BUMN yang telah ada di Kabupaten Teluk Wondama antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRI), PLN dan Pelni.

“Oleh karena itu saya berharap kepada BUMN yang ada di Wondama terutama BRI, Pelni dan PLN itu harus memberikan kontribusi kepada daerah dengan mendorong usaha kecil di Wondama ini bisa maju, “kata Andi, panggilan karib Wakil Bupati Teluk Wondama.

Hal itu disampaikan Andi usai mengikuti Jalan Sehat BUMN dalam rangka HUT BUMN ke-25 di Taman Masasosya Topai Wasior, Sabtu, 18 Maret 2023.

Menurut Andi, Bank BRI misalnya, bentuk kontribusi yang bisa diberikan bank pelat merah itu antara lain melalui penyaluran kredit dengan bunga lunak kepada para pelaku usaha.

Baca Juga :   Mambor Minta Pemerintah Kampung Serius Atasi Kemiskinan Ekstrem dan Stunting Pakai Dana Desa

Terutama untuk pelaku usaha mikro dan kecil seperti pedagang pasar, penjual pinang dan lainnya.

Demikian halnya untuk PLN, Andi berharap perusahan listrik negara itu juga bisa memainkan peran untuk mendorong kepastian investasi di Wondama melalui penyediaan tenaga listrik yang memadai. Tidak hanya di dalam kota tetapi hingga ke wilayah terluar dan terdalam.

Sejauh ini, pada sejumlah distrik/kecamatan di luar kota Wasior dan sekitarnya, PT. PLN Persero telah membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Beberapa di antaranya telah beroperasi.

“Mudah-mudahan ke depan mereka bisa kembangkan lagi, PLTS di beberapa kampung yang ada sehingga Indonesia Terang yang diharapkan bapak Presiden itu bisa sampai ke kampung-kampung, “ucap mantan Kepala Dinas Sosial Teluk Wondama itu.

Jalan Sehat BUMN di kota Wasior yang diinisiasi oleh PLN, PNM dan Pelni berlangsung meriah. Ribuan warga dari berbagai kalangan dan usia turut berpartisipasi dalam kegiatan yang mengambil star dari halaman SMAN 01 Wondama dan finis di Taman Masasoya Topai.

Baca Juga :   Pakai Metode Hunting System, Upaya Satlantas Polres Wondama Tekan Angka Laka Lantas

Dalam jalan sehat itu, panitia juga menyediakan beragam hadiah menarik melalui kupon undian berhadiah. Selain itu peserta juga dihibur dengan sajian musik dari grup band lokal Papua yang membuat suasana menjadi semarak. (Nday)

 

Pos terkait