Pemkab Teluk Wondama Gandeng Universitas Terbuka Tingkatkan Kualitas SDM

WASIOR, Kabartimur.com– Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat kembali menggandeng Universitas Terbuka (UT) dalam rangka pembangunan sumber daya manusia (SDM) di daerah itu.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemkab Teluk Wondama dan UPBJJ-UT (Unit Program Belajar Jarak Jauh – Universitas Terbuka) Sorong dilakukan, Kamis, 7 Maret 2024 di ruang rapat rumah dinas Bupati Teluk Wondama di Manggurai Wasior.

Dalam kesempatan itu Bupati Hendrik Mambor mengakui kehadiran UT telah banyak membantu Pemda dalam upaya peningkatan kualitas SDM.

“Kita merasa berterima kasih dan bersyukur sekali UT ada di sini dan telah menolong sekali, memberikan kemudahan juga bagi Pemda dalam hal bagaimana pendidikan tinggi bisa berjalan di daerah ini dalam upaya membangun sumber daya manusia yang berkualitas, “ucap Mambor.

Mambor mengatakan kerjasama dengan UT merupakan langkah maju yang diambil Pemda demi membantu masyarakat terutama dari kalangan kurang mampu untuk bisa mengakses pendidikan tinggi dalam rangka peningkatan kualitas SDM.

Baca Juga :   Transmigran di Wondama Terima Sertipikat Tanah Setelah 11 Tahun Menanti

“Karena saya membayangkan kalau anak-anak Wondama sekolah di luar itu sesuatu yang berat bagi orang tua dengan kondisi ekonomi yang terbatas. Sehingga sangat baik kalau sekolah di sini, kuliah di sini sehingga tidak terlalu membebani orang tua, “lanjut kepala daerah.

Direktur UPBJJ-UT Sorong, Muhlis Hafel mengatakan kehadiran UT di Papua memang untuk mengemban misi pembangunan sumber daya manusia.

Maka dari itu pihaknya siap menjalankan semua tugas yang diminta Pemkab Teluk Wondama sebagaimana tertuang dalam perjanjian kerjasama.

“UT adalah satu dari tiga perguruan tinggi negeri yang telah berstatus PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri yang Berbadan Hukum). Sekarang kami sudah membuka kelas untuk S2 dan S3. Jadi kami siap melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Pemda Teluk Wondama seperti yang ada di dalam MoU ini, “kata Hafel.

Baca Juga :   Menarik, Kawalan Perahu dan Tarian Adat Iringi Pasangan A2 Masuk di Pulau Roon

Untuk diketahui, UT telah hadir di Kabupaten Teluk Wondama lebih kurang 5 tahun lalu dan telah mewisuda puluhan lulusan yang Sebagian besar merupakan PNS Pemkab Teluk Wondama juga dari instansi kepolisian. (Nday)

 

 

Pos terkait