PAD Belum Capai Target, Sekda Minta OPD Penghasil Retribusi Evaluasi Kerja

  • Whatsapp

MANOKWARI- Plt Sekda Manokwari, Aljabar Makatita minta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD), segera mencari solusi terbaik untuk meningkatkan pendapatan.

Makatita mengatakan hingga semester I Tahun Anggaran 2018, PAD yang  terkumpul, dari beberapa OPD penghasil,  belum mencapai target . PAD yang terkumpul baru mencapai  Rp.17,2 miliar dari target Rp.39 miliar.

“OPD penghasil retribusi ini, ada beberapa hal yang memang harus kita siapkan. Kenapa sampai PAD kita belum mencapai target di semester satu ini. Ini yang kita cari tahu kendalanya, dan berikan solusinya,” kata Makatita kepada wartawan, di ruang kerjanya.

Makatita menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, dirinya memberikan tawaran solusi yang  bisa ditempuh OPD yang masih lemah dalam hal pendapatan.

“Artinya kalau kurang dengan operasional, maka kita suport dengan operasional, kalau butuh peralatan kita akan kasih peralatan, dan jika dia butuh regulasi, maka kita dorong agar OPD dimaksud buatkan regulasinya,” jelas Makatita.

Baca Juga :   Pengadilan Negeri Manokwari Lakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

Menurut Makatita, salah sumber pendapatan yang pemasukannya belum maksimal adalah retribusi parkir. Masih banyak kebocoran pajak dibandingkan dengan jumlah   kendaraan yang begitu banyak. Retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), dan beberapa retribusi lainnya.

“Dengan begitu mungkin solusinya kita pasang portal elektrikal di terminal Sanggeng, sehingga tidak ada lagi kebocoran, tapi kalau masalah regulasi maka dibuatkan regulasi agar penerikan retribusinya ada dasar hukum dan tidak menjadi kendala lagi,” pungkas Makatita.

Pos terkait