Musrembang RKPD, Bupati Minta Pimpinan OPD Menyusun Program Sesuai Dengan Usulan Program Prioritas dan Urgen

  • Whatsapp

KABARTIMUR,HALTIM -Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Provinsi Maluku Utara (Malut ) Jumat (08/04/21) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022. Bertempat di Aula kantor Bubati Haltim.

Bupati Halmahera Timur (Haltim), Drs. Ubaid Yakub.MPA membuka secara resmi Forum Musrenbang RKPD tahun 2022, “Dengan tema Pemulihan Ekonomi dan Pemerataan Pembangunan SDM Infrastruktur Wilayah serta tata kelolah Pemerintah, yang dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Haltim Idrus E Maneke, Kapolres Haltim AKBP Edy Sugiharto, Kejari Haltim Andi Notobuan, Pj Sekda Dheni Tjan, Pimpinan PT Antam Tbk dan Pabung Kodim Persiapan Haltim serta para Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Haltim serta para Camat se Haltim.

Bupati Ubaid Yakub dalam sambutannya mengatakan, Forum Musrembang untuk agenda tahunan ini dalam rangka menyusun program kegiatan pemerintah daerah sebagai bahan menyusun Kebijakan Umum Anggaran.

“Jadi musrenbang merupakan rangkaian kegiatan yang bersifat partisipatif mulai dari tingkat Desa, tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten dan selanjutnya ke tingkat Provinsi kemudian secara Nasional,” ujar Ubaid.

Dikatakan Ubaid, Musrembang adalah salah satu tahapan proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang telah di amanatkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan dan undang – undang 23 tahun 2021 tentang pemerintahan tidaklanjut dari amanat dan telah diatur secara detail dalam peraturan menteri dalam negeri.

Menurutnya, dengan adanya pelaksanaan musrembang kabupaten ini, untuk menyempurnakan kerja pemerintah yang mengacu pada isu strategis, tentang RJPMD, memperkuat pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia dalam mendukung pemulihan ekonomi dan kesehatan.

Kemudian juga, dirinya meminta kepada pimpinan OPD lingkup Pemkab Haltim, dalam menyusun program kegiatan pada di Musrenbang RKPD tahun 2022 agar menyesuaikan dengan visi misi bupati dan wakil bupati.

“Jadi saya berharap pada seluruh Pimpinan OPD agara penyusunan program itu, sesuai dengan Visi dan Misi Kami yang menjadi usulan prioritas dan yang paling urgen untuk dibutuhkan,” harap Ubaid .(Ruslan/Red)

Pos terkait