Menteri Pertanian : Kab. Tana Toraja dan Toraja Utara akan dijadikan Kab. Kopi Yang Mengguncang Dunia

  • Whatsapp
Menteri Pertanian : Kab. Tana Toraja dan Toraja Utara akan dijadikan Kab. Kopi Yang Mengguncang Dunia

Tana Toraja Kabartimur.Com

Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP, ke Tana Toraja disambut Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, Sekda Tana Toraja Semuel Tandibura, Dandim 1414 Tana Toraja, Kapolres Tana Toraja, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se- Tana Toraja di Rumah Jabatan Bupati Selasa, 24 April 2018.

Kunjungan Kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman yang semasa kecilnya pernah di Toraja yaitu 20 Tahun yang lalu disambut sangat antusias oleh masyarakat Toraja, dan selama dua hari di Toraja dan Toraja Utara sekaligus menyerahkan Bantuan Bibit, Alsintan dan Ternak serta Kuliah Umum di Kampus UKI Toraja.

Sebelum penyerahan bantuan, Andi Amran Sulaiman berdialog dengan masyarakat Toraja  di Gedung Tammuan Mali yang sudah menunggu sejak pagi, secara khusus kepada kelompok Tani tentang bagaimana program Kementrian Pertanian didalam mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat melalui Sektor Pertanian dan Peternakan.

Menteri Pertanian ingat Toraja, sehingga kami langsung kirim 500 ribu pohon, ini ditanam dengan baik, kalau berhasil tahun depan, kali dua, cukupkan satu juta pohon untuk Tator. “Kami ingin jadikan Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara dijadikan Kabupaten Kopi yang mengguncang dunia nanti”, harap Amran Sulaiman.

Selain menyerahkan bibit tanaman kopi sebanyak 500 ribu pohon Andi Amran menyerahkan Tractor 50 unit, bibit ternak Kerbau 220 ekor, bibit ternak Sapi 60 ekor, bibit ternak Kambing 300 ekor, bibit ternak Babi 300 ekor, dan 10.000 ekor Ayam untuk warga prasejahtera, sekaligus Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Pemkab Tana Toraja dan TNI/ Polri (Pola Tanam Semusim dan Pola Tanam Jagung Semusim).

Usai penyerahan bantuan kepada kelompok tani oleh Menteri Pertanian dilanjutkan ke Kecamatan Gandangbatu Sillanan Lembang Gandangbatu untuk berdialog dengan masyarakat petani di sana yang sedang menggelar kegiatan peremajaan kebun kopi dan penyerahan 500 ribu bibit kopi unggul kepada petani.

Di Lembang Gandangbatu Sillanan Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyerahkan bantuan kepada kelompok tani secara simbolis kepada beberapa Kabupaten seperti Kab. Kab Tana Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Pinrang, Luwu Timur, Wajo, dan Soppeng.

Menteri Pertanian dalam sambutannya mengatakan merasa bangga dengan Bupati Tana Toraja dan kami bangga juga dengan PPL-nya, kami bangga dengan Kelompok Tani, oleh karena itu kami datang kesini karena ingin memberikan bantuan Bibit Kopi, kemudian kita akan mengajari mengedukasi mereka bagaimana budidaya kemudian juga prosesingx, insya alla kami akan memeberikan bantuan untuk prosesing seperti ini, kami membayangkan nanti dari kelompok tani bisa langsung  ke suparmarket, bahkan langsung eksport.

Inilah harapan Bapak Presiden karena edit viliunya kalau dijual kiloan hanya 30 ribu, tapi kalau dijual kemasannya seperti ini harganya dari tingkat petani itu mncapai 250 ribu, artinya itu 8 kali lipat, inilah yang kita inginkan, insya allah Kami akan keluarkan SK khusus untuk penghasil kopi indonesia, jelas Amran Sulaiman.

Sementara Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae mengatakan kedatangan Pak Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman di Kabupaten Tana Toraja membawa dampak positif terutama peningkatan sektor Pertanian dan Kesejahteraan para Petani di Tana Toraja.

“Program Kementrian Pertanian sejalan dengan salah satu pilar pembangunan di Kabupaten Tana Toraja, yaitu “Jangan Biarkan Rakyatku Lapar,” jelas Nicodemus.(titus)

Pos terkait