Menata SDM dan Kelembagaan, PMI Papua Barat Gelar Bimtek Data Base Siamo

  • Whatsapp

MANOKWARI, Kabartimur.com- Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua Barat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) data base melalui aplikasi Siamo kepada Pengurus, Staf dan Relawan yang mewakili PMI Kabupaten Manokwari, Kabupaten Fak fak, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten kaimana, Kabupaten Sorong dan Kota Sorong di Kota Sorong, 21-24 November 2021.

Ketua Bidang Diklat PMI Papua Barat, La Abidin, menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan Bimtek ditujukan agar SDM (Pengurus, Staf dan Relawan) PMI ditingkat Kabupaten/Kota dapat diakomodir secara baik dengan penginputan melalui aplikasi Siamo PMI.

Bacaan Lainnya

Pihaknya berharap, kelembagaan PMI Papua Barat terus secara bersama-sama melakukan perubahan dan peserta dapat mengetahui cara penginputan secara baik dan benar.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Papua Barat, yang diwakili Sekretaris PMI Papua Barat, Roger S. Tanamal, SE, dalam pembukaan kegiatan menyampaikan, bahwa sebagai satu kesatuan dalam kelembagaan, SDM (Pengurus, Staf dan Relawan) dalam pemahaman bersama menjalankan peran dan tanggungjawab pada pengembangan PMI Papua Barat melalui kelembagaan dan Kaderisasi, khususnya dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi pada setiap aktivitas kegiatan kemanusiaan.

Diakuinya, bahwa sampai saat ini masih lemahnya data yang valid terkait SDM (pengurus, Staf dan Relawan) PMI Papua Barat yang terkonek langsung dengan PMI Pusat.

“Kedepan dalam hal pengembangan SDM PMI Papua Barat akan mengacu pada data base yang disiapkan saat ini khususnya melalui Aplikasi Siamo, tentunya dengan dukungan penganggaran pemerintah daerah dan masyarakat di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Melalui bimtek ini juga sebagai tolak ukur dalam pengembangan dan keberhasil PMI Papua Barat kedepan” harap Roger.

Mewakili peserta Bimtek, Ketua PMI Kabupaten Manokwari, Yusran Mahdani, mengatakan bahwa pentingnya dan sangat memotivasi kegiatan Bimtek data base melalui Aplikasi Siamo sehingga sekembalinya ke Kabupaten akan semakin berbenah dan PMI terus melayani untuk perubahan yang lebih baik.

Sementara itu mewakili peserta Staf asal Kabupaten Kaimana, Lagaligo Arman, menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas pelaksanaan Bimtek data base SDM yang dilakukan oleh PMI Papua Barat dalam memberikan semangat baru dalam mengekspresikan diri menuju ke hal yang lebih baik, tentunya dengan bersinergi untuk kemajuan PMI di Papua Barat khususnya di Kabupaten/Kota dengan niat baik dan membuktikan bahwa PMI di wilayah Provinsi Papua Barat tetap ada untuk pemerintah dan masyarakat.

Sedangkan mewakili Peserta, Relawan asal Kabupaten Teluk Bintuni, Ismail Manilet, mengatakan bahwa dengan pelatihan ini tentunya bagaimana menggerakkan relawan khususnya di Kabupaten/Kota tentunya dengan penginputan data base nantinya berjalan sesuai dengan arah dan kebijakan yang baik untuk pengembaangan PMI di Wilayah Provinsi Papua Barat.

Mewakili Ketua PMI Papua Barat, Ketua Bidang Relawan PMI Papua Barat, Yohanes Ada Lebang, sebelum menutup secara resmi bimtek data basa mengatakan bahwa dalam organisasi bagian terpenting adalah pengurus sebagai investasi tentunya dengan komitmen, panggilan, pikiran positif dalam kebersamaan dalam satu kesatuan Sumber Daya Manusia (Pengurus, Staf dan Relawan) dalam memajukan PMI Papua Barat dalam mewujudkan visi PMI yang berkarakter, Profesional, mandiri dan dicintai masyarakat.

“Aplikasi Siamo yang baru saja dilaunching saat HUT PMI tahun 2021, dan saat ini kita dapat melaksanakan bimtek sehingga menjadi tanggunggjawab bersama dan terpenting bagi pengurus di Kabupaten/Kota sebagai pelaksanaan gerakan Kepalangmerahan. Data base menjadi penting dalam fungsi kelembagaan dan intervensi untuk pencapaian program dan kegiatan, sehingga diharapkan pada akhir tahun 2021 ini dapat dilaksanakan semaksimalkan mungkin dalam penginputannya” jelas Lebang.

Atas nama Pengurus PMI Papua Barat menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas partisipasi peserta asal PMI Kabupaten/Kota pada Bimtek serta Kepada Pemerintah daerah dan masyarakat Provinsi Papua Barat dalam melaksanakan gerakan kepalangmerahan, untuk kemanusiaan.

Dalam waktu dekat akan hadir kepengurusan PMI Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Teluk Wondama dan pengurus PMI Papua Barat akan melakukan Monitoring kepada pemerintah daerah dan Organisasi PMI di Kabupaten/Kota diakhir tahun 2021 untuk terus bersama mengemban misi-misi dan perggerakan Kepalangmerahan serta tugas-tugas Kemanusiaan untuk kesejahteraan masyarakat. (Red/Lisna)

Pos terkait