Dua Bulan Kepengurusan Dilantik, PMI PB Mulai Tunjukkan Eksistensinya

  • Whatsapp

MANOKWARI, Kabartimur.com- Dua bulan kepengurusan dilantik, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua Barat sudah mulai menunjukkan eksistensinya. Hal ini terbukti dengan jalinan kerjasama yang datang dari Yayasan Save The Children Indonesia kepada PMI Provinsi Papua Barat.

Pertemuan yang berlangsung di Kantor PMI Papua Barat, yang dihadiri Ketua Bidang Kemitraan: La Rahman; Ketua Bidang Relawan: Yohanes Ada Lebang, Anggota Pengurus Abdul Djalil dan Staf Markas PMI Papua Barat, Save The Children Indonesia yang diwakili Rina Utami (MHPSS Program Coordinator/Mental Health and Psychosocial Support) dan Aditya Putra (National P2F Operations Coordinator) dalam kerjasamanya akan memberikan bantuan berupa peralatan kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Rumah Sakit, Puskesmas, Komunitas (pendampingan Penanganan Covid-19) dan UDD (Unit Donor Darah) di Wilayah Provinsi Papua Barat.

Bacaan Lainnya

Sekretaris PMI Papua Barat, Roger St. Tanamal, S.E, mengatakan sangat berterimakasih atas kerjasama yang ditawarkan dari Save The Children Indonesia. Menurut Roger, Dukungan PMI dengan memberikan tenaga teknisnya pada sejumlah bidang beserta dengan para relawan akan bekerja optimal dalam pendistribusian bantuan kesehatan tersebut.

“Untuk bantuan tahun 2021, Provinsi Papua Barat yang menerima bantuan diantaranya Kabupaten Manokwari terdiri dari: Rumah Sakit Pratama Warmare, Puskesmas Mansinam, Puskesmas Prafi SP.IV, Kampung Tangguh Prafi Indah (Inkuisi) dan Kampung Aimasi SP.III. Untuk Kota Sorong: Komunitas Muhammadiyah Disaster Management Center. Sedangkan Kabupaten Sorong: Rumah Sakit Dr. Jhon Piet Wanane, Puskesmas Mariat, Puskesmas Malawili, Puskesmas Mayamuk dan Komunitas Pemuda GBI Immanuel serta Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Sorong serta UDD PMI Papua Barat” sebut Roger

Roger St. Tanamal, S.E, menambahkan melalui kerjasama dengan Save The Children Indonesia diharapkan Pemerintah Papua Barat dan Kabupaten/Kota lebih memperhatikan peran PMI dalam membantu pembangunan di daerah, karena PMI telah banyak memberikan sumbangsih bagi pembangunan didaerah dalam berbagai bidang khususnya masalah Kemanusiaan (red. Kepalangmerahan).

Sementara Media & Brand Manager – Save the Children Indonesia, Dewi Sri Sumanah, menjelaskan bahwa PMI Papua Barat menjadi salah satu mitra untuk implementasi respon Covid-19 dalam distribusi sejumlah bantuan alat kesehatan. Menurutnya, program ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiaagaan terhadap penanganan Covid-19 dan memastikan layanan kesehatan sesuai dengan standar yang ada.

“Kerjasama PMI Papua Barat dengan Save the Children Indonesia merupakan kerjasama perdana jangka pendek tahun ini. Namun tidak menutup kemungkinan Peluang kerjasama dalam jangka panjang di program lainnya” tutur Dewi (Rls/JL)

Pos terkait