Kunjungi Manokwari, Wamen PUPR Tinjau Salah Satu lokasi Alternatif Rencana Pembangunan Jembatan MKW-Mansinam

  • Whatsapp

MANOKWARI- Wakil Menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR), Jhon Wempy Wetipo menggelar kunjungan kerja ke Manokwari. Dalam kunjungan kerjanya, Jhon Wempy Wetipo yang didampingi oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Ketua DPRD Papua Barat serta pimpinan beberapa satuan kerja terkait, meninjau lokasi persiapan pembangunan jembatan Manokwari-Pulau Mansinam.

kepada sejumlah awak media, Jhon Wempy Wetipo mengatakan, peninjauan kelapangan merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, baik di kantor PUPR Pusat maupun di Bappenas, termasuk atas aspirasi yang telah disampaikan oleh Gubernur Papua Barat saat perayaan HUT Pekabaran Injil ke 165 yang dipusatkan di Pulau Mansinam.

Berdasarkan informasi, ada 3 lokasi alternatif pilihan untuk membangun jembatan, yakni alternatif pertama sepanjang 2 kilometer lebih dari wilayah BLK-Biryosi Sanggeng melewati Pulau Lemon lalu ke Pulau Mansinam, alternatif kedua dari sekitar wilayah Pasir Putih menuju Mansinam sepajang 1,4 kilometer dan alternatif ketiga dari wilayah Inggandi menuju Pulau Mansinam sepanjang 1,1 kilometer.

Baca Juga :   Terus Melistrik, PLN Terangi 8 Desa di Manokwari

“Setelah melakukan peninjauan, tim Balitbang dan Balai jalan jembatan papua barat akan melakukan kajian awal terlebih dahulu dan melakukan penghitungan jalur mana yang lebih efektif, karena lokasi pembangunan jembatan sering dilewati kapal.” Kata Jhon Wempy Wetipo.

Terkait tafsiran waktu pengerjaan jembatan tersebut, Jhon Wempy Wetipo menyebut, jika studi dan kajiannya telah selesai dilakukan pada tahun ini, maka diharapkan progres pengerjaan jembatan penghubung Manokwari-Pulau Mansinam bisa dimulai pada tahun 2021.

“Balitbang dan Balai terkait disini akan turun melakukan pengkajian dan penghitungan, setelah itu dilaporkan ke kita untuk progres lebih lanjut, kita berharap dengan hitungan ini lebih cepat ada, berapa besar biaya yang akan digunakan, maka progres pengerjaan akan lebih cepat.” Tutur Wetipo.

Wakil Menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR), Jhon Wempy Wetipo pun berharap, dengan akan hadirnya jembatan penghubung, maka dapat mempermudah akses menuju pulau Mansinam. (AG)

Baca Juga :   Mulai Besok ATK Balon Ditertibkan di Manokwari 

Pos terkait