Kobarkan Semangat Juang Kapitan Pattimura, Ratusan Pelari di Wondama Ikut Lomba Lari 10K

WASIOR, Kabartimur.com– Lebih kurang 100 pelari di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat ikut ambil bagian dalam lomba lari 10kilometer dalam rangka memeriahkan Hari Pattimura ke-207 di kota Wasior, Sabtu, 11 Mei 2024.

Ketua Panitia Hari Pattimura ke-207 Yulius Korowa mengatakan lomba lari 10K yang digelar Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL)  dimaksudkan untuk mengobarkan semangat juang Kapitan Pattimura saat melawan penjajah Belanda kepada generasi muda Teluk Wondama.

“Saat Kapitan Pattimura menyerang markas Belanda itu mereka lakukan dengan lari. Pasukan Patimura itu pelari-lari yang hebat. Jadi kita ingin menggelorakan, mengobarkan  semangat juang Pattimura itu lewat event lari 10K ini kepada generasi muda di Teluk Wondama, “ujar Korowa.

Menurut Korowa, semangat pantang menyerah yang ditunjukkan Pahlawan Nasional asal Maluku itu penting untuk terus dikobarkan terutama bagi generasi sekarang ini termasuk di Teluk Wondama.

Baca Juga :   Hari Kebangkitan Nasional, Mambor Dorong Generasi Muda Wondama Lahirkan Kreativitas dan Inovasi

Harapannya generasi muda di Wondama juga bisa memiliki daya juang yang tinggi untuk memperjuangkan cita-cita. Juga mempunyai mental yang tangguh dalam menghadapi setiap tantangan yang muncul.

“Supaya mereka berjuang untuk kesuksesannya, berjuang meningkatkan taraf hidup dan lain-lainnya, “ucap Korowa.

Selain itu, lomba lari 10K  juga dilaksanakan dalam rangka mencari bibit-bibit atlet lari Teluk Wondama.

“Makanya kita kerjasama dengan PASI. Karena mencari bibit-bibit jadi kita batasi usianya dari 16 sampai 24 tahun, “lanjut Kabag Ortal Setda Kabupaten Teluk Wondama ini.

Ketua Pengkab PASI Teluk Wondama Metusalem Paduai mengatakan lomba lari 10K Hari Pattimura menjadi salah satu ajang penjaringan bibit-bibit pelari Kabupaten Teluk Wondama untuk diikutkan pada event tingkat provinsi dan nasional.

Metu mengatakan peserta yang masuk 10 besar baik kategori putera dan puteri selanjutnya akan mengikuti tahapan pembinaan dalam rangka seleksi menuju Kejurnas atletik pada tahun ini.

Baca Juga :   Polres Luwu Utara  Gandeng Diskominfo Gelar Pelatihan Konten Kreator Medsos dan Komunikasi Publik

“Memang waktunya (catatan waktu para pelari) belum bagus jadi kita akan lakukan pembinaan lagi. Yang masuk 10 besar itu kita bawa mereka dalam pembinaan utk menghadapi Kejurnas besok, “ujar Metu yang mengapresiasi adanya lomba lari 10K dalam rangka Hari Pattimura.

Lomba lari 10K Hari Pattimura yang mengambil star dari Wondiboi dan finis di Taman Masasoya Topai Wasior dibuka oleh Sekda Aser Waroi.

Hasilnya untuk kategori putera, Andarias Desantos Nunaki menjadi yang pertama mencapai garis finis. Disusul Ruki Nelson Wiyai di tempat kedua dan Tonci Enuap urutan ketiga.

Kategori puteri, Yustina Warami tampil tercepat diikuti Febby Worisio urutan kedua dan Isralia Sada posisi ketiga.

Adapun puncak perayaan Hari Pattimura ke-207 jatuh pada 15 Mei 2024. Selain lomba lari 10K, panitia juga menagendakan kegiatan bakti sosial berupa kerja bakti membersihkan kawasan situs religi bersejarah di Kabupaten Teluk Wondama.

Baca Juga :   Kapolda Herry Pastikan Tak Ada Penimbunan Bapok

Salah satunya makam tokoh Penginjil asal Maluku Yohanes Pattiruhu yang pernah berkarya dalam pewartaan agama Kristen di Teluk Wondama.

“Puncak acara Hari Pattimura ke-207 pada 15 Mei akan dilaksanakan jalan sehat diiringi oleh drumband SMAN 01 Wondama dan ada doorprize. Di belakang mereka nanti ada barisan pelari obor Pattimura yang merupakan tradisi hari Patimura setiap tahunnya, “pungkas Korowa. (Nday)

 

Pos terkait