Jaga Kelestarian SDA, 800 Pohon Ditanam Serentak di Wondama

  • Whatsapp

WASIOR – Sebanyak 800 bibit pohon ditanam serentak dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2019 di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Pohon yang ditanam terdiri dari tanaman kehutanan 400 anakan, tanaman hias 200 anakan dan tanaman serba guna sebanyak 200 anakan. Penanaman dipusatkan di kawasan Hutan Wisata di Kampung Dotir, Distrik Wasior, Kamis.

Kegiatan penamanan pohon serentak tersebut melibatkan para pejabat dan pimpinan OPD Pemkab Teluk Wondama, unsur TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda. Turut ambil bagian para pelajar, Pramuka dan para mitra kehutanan.

Penanaman pohon yang juga dilakukan di seluruh wilayah Provinsi Papua Barat merupakan bagian dari gerakan moral untuk mengajak seluruh komponen bangsa agar terbiasa menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan.
Hal itu penting dalam rangka merehabilitasi hutan dan lahan serta menjaga kelestarian sumber daya alam.

“Tujuannya adalah menambah luasan tutupan hutan dan lahan, mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi hutan, deforestasi serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan, “ jelas An Dewi Widayati selaku Plt Kepala Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah III Teluk Wondama.

Selain di kawasan Hutan Wisata Dotir, menurut An, pihaknya juga melakukan penanaman pada daerah aliran sungai (DAS), di ruang terbuka, pekarangan rumah warga, sekolah juga di rumah ibadah di kampung Dotir dan sekitarnya.
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melalui sambutan tertulis menekankan, penanaman pohon merupakan bentuk kepedulian untuk penurunan emisi gas rumah kaca akibat pemanasan global. Juga untuk menunjang pembangunan yang bersih dari polusi.

Oleh karena itu dia mengajak semua masyarakat Papua Barat untuk ikut menjaga lingkungan hidup kita dengan cara turut serta menanam pohon di lingkungan masing-masing baik di pekarangan rumah, halaman kantor, tempat umum dan tempat terbuka lainnya.

“Setelah kita tanam, kita pelihara dengan baik sehingga tanaman itu bisa tumbuh sampai besar sehingga dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita bersama, “pesan Dominggus yang dibacakan Kepala Dinas Perikanan Wondama Dominggus Masewi mewakili Bupati Bernadus Imburi.

Adapun puncak Hari Menanam Pohon Indonesia di Provinsi Papua Barat akan dilaksanakan pada 22 November mendatang di Kabupaten Fakfak. (Nday)

Pos terkait