IPPK Kabupaten Manokwari Gelar Musyawarah I

  • Whatsapp

MANOKWARI — Ikatan Pemuda dan Pemudi Kei (IPPK) kabupaten Manokwari, Papua Barat menggelar Musyawarah I yang diuka oleh Bupati Manokwari yang diwakili Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Manokwari, Harjanto Ombesapu di Aula Hotel Oriestom Bay, Rabu (2/6-2021) dengan mengusung tema ‘Voing Fo Kut Vau Fo Banglu’.

Bupati Manokwari dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten ll, Harjanto Ombesapu mengharapkan Pemuda-pemudi Kei di Manokwari mampu meningkatkan Komunikasi yang baik dengan semua pihak termasuk Pemerintah untuk membangun Daerah ini dan Adat istiadat merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan orang Kei setiap generasi.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kepala suku Kei Kabupaten Manokwari, Moses Naraha berpesan agar generasi boleh millenial tetapi jangan modernisasi adat.

“Boleh generasi millenial karena perkembangan jaman tetapi jangan modernisasikan adat, karena adat tidak bisa dirubah,” kata Moses Naraha.

Lanjut dia menjelaskan bahwa pelaksanaan Musda 1 Pemuda Kei ini mengusung tema, “Voing Fo Kut Vau Fo Banglu” yang artinya diikat menjadi satu untuk menjadi suluh dan ditempa menjadi satu kekuatan.

Karena itu dengan mengedepankan semangat Ain Ni Ain, Moses Naraha berharap pemilihan ketua pemuda Kei dilakukan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat.

“Pemilihan ketua pemuda kei jangan melalui foting atau pemilihan langsung tetapi melalui musyawarah mencapai mufakat, karena kita tidak kenal voting,” harapnya.

Menurutnya, dengan musyawarah untuk mencapai satu mufakat maka keamanan serta ketertiban pasti dijamin dari generasi muda Kei di kota injil ini dan masyarakat Kei yang merantau di tanah papua sudah empat generasi selalu memberikan terbaik untuk negeri ini.

Pihaknya berharap melalui musyawarah daerah l Pemuda-pemudi Kei ini dapat menghasilkan pemimpin yang lebih mempersatukan tali persaudaraan antara anak-anak nuhu evav bersama suku asli maupun suku nusantara yang ada.

Turut Hadir dalam musda ini, Bupati Manokwari diwakili Asisten II Harjanto Ombesapu, anggota DPR-PB, Xaverius Kameubun, S.H, Abdullah Rumkel,S.H, sesepuh kei, Wakapolres Manokwari Kompol Agustina Sineri,S.Pd dan tamu undangan lainnya.(Rls/Red)

Pos terkait