Dansat Brimob Pimpin Apel Kesiap Siagaan Bencana

  • Whatsapp

MANOKWARI–Komandan Satuan Brimob Polda Papua Barat, Kombes Pol. Semmy Ronny Thabaa pimpin apel Kesiap Siagaan Bencana melibatkan Badan SAR Daerah, Anggota Brimob dan TNI, di Markas Komando Brimob Polda PB, Rabu (1/1/20).

Dansat Brimob kemudian melakukan pengecekan peralatan yang menjadi kebutuhan dalam rangka mengantisipasi bencana alam, seperti kendaraan SAR.

“Saya memang baru menjabat beberapa hari namun dalam operasi Amanusa, seluruh Dansat Brimob Polda termasuk di Papua Barat ditunjuk sebagai Kordinator dalam rangka penanganan bencana alam,” Kata Dansat Brimob Polda Papua Barat Kombes Pol. Semmy Ronny Thabaa.

Dia mengatakan, apel kesiap siagaan ini di gelar dalam rangka menyikapi beberapa atensi yang di keluarkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terkait curah hujan dengan intensitas sedang dan tinggi sejak Desember 2019 hingga Januari 2020 yang berpotensi banjir

“Untuk di wilayah Papua Barat secara keseluruhan terpantau masih aman, kecuali di dua lokasi yakni Wasior Teluk Wondama dengan Kampung Sidey Manokwari yang kemarin terdapat luapan air yang menyebabkan banjir,” Kata Dansat Brimob.

Meski secara umum wilayah Papua Barat masih aman dari potensi bencana, namun dia menegaskan agar tim tetap siaga terutama peralatan dan sumber daya manusia apabila sewaktu-waktu di butuhkan.

“Kita siap agar sewaktu-waktu dapat memberikan bantuan kepada masyarakat jika terjadi bencana bersama dengan badan SAR daerah dan teman-teman dari unsur TNI di Papua Barat,” jelasnya.

Sammy juga mengatakan saat ini belum dibentuk posko, namun untuk sementara waktu Markas Brimob dijadikan sebagai posko sembari membicarakan dengan berbagai pihak untuk pembentukan posko bencana.

Sementara salah satu tim rescue Badan SAR, Kur Fauzy mengatakan untuk persiapan peralatan sejauh ini sudah di lakukan sejak sebelum perayaan Natal 2019 lalu, seperti peralatan Vital di air pelatan darat seperti kendaraan roda empat, pelatan mentinering.

“Kami dari Basarnas sudah siap menghadapi bencana apabila sewaktu waktu terjadi terutama peralatan dan sumber daya manusia,” Kata Kur Fauzy.

Untuk peralatan kesiagaan bencana, Brimob Polda Papua Barat mendapat bantuan kendaraan roda empat yang dilengkapi dengan genset serta peralatan kebencanaan dari Mabes Polri, satu unit kendaraan tersebut baru saja di terima beberapa waktu lalu. (AD)

Pos terkait