Brimob Polda Papua Barat Siap Amankan Pilkada Serentak 2020

  • Whatsapp

MANOKWARI–Memasuki Tahun 2020, Brimob Polda Papua Barat tengah lakukan persiapan mengamanan pilkada serentak.

Komandan Satuan Brimob Polda Papua Barat, Komisaris Besar (Kombes) Semmy Ronny Thabaa, saat di temui Rabu (01/01-2020), di ruang kerja mengatakan, pihaknya tetap mengikuti arahan Kapolda Papua Barat sebagai Pimpinan di wilayah terkait agenda pengamanan pilkada serentak tahun ini. Agenda pertama yakni menyiapkan pasukan untuk mengamankan Pilkada serentak.

“Saya akan menyiapkan personil Brimob untuk bersama-sama personil Polda Papua Barat , bekerja sama dengan mitra TNI dan stakeholder lain mengamankan Pemilihan Kepala Daerah,” Kata Kombes Pol Semmy Ronny Thabaa.

Sebelumnya, dalam operasi lilin yang digelar dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, menurutnya telah dilalui dan berjalan dengan baik terutama keterlibatan Anggota Brimob yang pro aktif berada di pos-pos pengamanan terpadu.

“Sebagai perkuatan imbangan, yang stanby di Pos Mako Brimob selalu apel pagi siang dan sore dan melakukan patroli dengan menjalankan tugas yang mengedepankan preemtif dan preventif,” katanya.

“Pengamanan yang sama juga dilakukan di Kabupaten dan Kota seperti Kota Sorong, Teluk Bintuni,” lanjut Semmy.

Diakui Semmy, jumlah personil Brimob Polda Papua Barat masih jauh dari yang dibutuhkan, namun pihaknya tetap mengoptimalkan jumlah personil yang tersedia. Dirinya mengandalkan sekitar 279 personil di Sat Brimob, ditambah kelompok Detasemen serta batalion A dan Kompi 1 dan Kompi 2 yang ada di Manokwari. Di Sorong terdapat Batalion B, Kompi, Subden 2 Gegana serta satu Kompi di Bintuni.

“Dengan potensi kekuatan yang ada kita mencoba Bersinerji dengan kekuatan mitra lain dari unsur TNI bersama unsur lain di Wilayah dan Daerah,” tuturnya. (AD)

Pos terkait