Buka Musrenbang Distrik, Mambor Paparkan 6 Prioritas Pembangunan Teluk Wondama 2025

WASIOR, Kabartimur.com– Bupati Teluk Wondama, Papua Barat Hendrik Mambor memaparkan enam prioritas pembangunan daerah Kabupaten Teluk Wondama tahun 2025.

Pertama, percepatan pengurangan kemiskinan melalui peningkatan pendapatan dan ekonomi. Kedua, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemerataan akses pendidikan dan kesehatan.

Ketiga, pemenuhan layanan dasar air minum secara merata di kawasan pedesaan. Keempat, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan mitigasi bencana yang berkelanjutan.

Kelima, pembangunan infrastruktur penunjang dalam rangka perayaan satu abad peradaban orang Wondama tahun 2025 dan Sidang Sinode GKI di Tanah Papua ke-19 pada 2027.

Dan keenam, peningkatan reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah.

Hal itu disampaikan Mambor pada saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Distrik Tahun 2024 di Aula Sasana Karya, Kantor Bupati Teluk Wondama di Isei, Senin, 4 Maret 2024.

Baca Juga :   Animo Tinggi, Ratusan Anak Muda Wondama Antre Daftar Jadi Anggota Polri

“Diharapkan usulan kegiatan yang menjadi prioritas (dari kampung dan distrik juga setiap perangkat daerah) mengarah pada fokus pembangunan daerah tahun 2025, “kata bupati saat memberi sambutan.

Mambor mengharapkan Musrenbang tingkat distrik dapat menyerap berbagai aspirasi masyarakat sehingga bisa menghasilkan rumusan tentang isu-isu strategis daerah tahun 2025 maupun tahun-tahun berikutnya.

Berkaitan dengan itu, bupati menekankan ke setiap perangkat daerah agar mengakomodir program maupun kegiatan yang diusulkan secara berjenjang dari bawah melalui forum Musrenbang. Baik dari tingkat kampung atau desa (muskam) sampai dengan tingkat distrik (musdis).

“Memang kita punya anggaran terbatas tapi kita upayakan paling tidak satu atau dua kegiatan dari yang diusulkan dari muskam, musdis itu bisa kita akomodir, “kata kepala daerah.

“Memang nanti ada sejumlah program yang kalau kita kumpulkan dari semua distrik kita punya uang tidak cukup (membiayai) tapi paling tidak kita bisa mengakomodir satu dua dari usulan-usulan bapak-bapak kampung, bapak-bapak distrik, “pesan Mambor.

Baca Juga :   Wujud Cinta Pancasila, 3 Pejabat Wondama Vaksinasi Covid-19 di Hari Kesaktian Pancasila

Adapun pelaksanaan Musdis tahun 2024 diawali dari Distrik Rasiei. Selanjutnya untuk 12 distrik lainnya dijadwalkan berlangsung pada 5 -7 Maret 2024. (Nday)

 

Pos terkait