Bank Indonesia Gelar Harvesting GBBI dan GBWI Papua Barat 2023

MANOKWARI, kabartimur.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat sebagai campaign manager bersinergi dengan Bank Indonesia Papua Barat, Kementerian/lembaga terkait, instansi vertikal dan top brand menyelenggarakan Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) Papua Barat 2023, (10/5/2023) di Lapangan Borasi Manokwari.

Kegiatan tersebut merupakan sebuah rangkaian puncak selebrasi kegiatan GBBI dan GBWI Papua Barat yang telah berlangsung sejak Februari 2023 dan bertujuan untuk mempromosikan serta mendukung produk-produk UMKM unggulan Papua Barat serta mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berkunjung ke destinasi wisata Papua Barat.

Gerakan ini akan terus berlangsung sepanjang tahun 2023 melalui sejumlah kegiatan yang diadakan para pihak di Papua Barat untuk memajukan ekonomi khususnya sektor UMKM dan Pariwisata demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua Barat.

Baca Juga :   Bisnis Rapid tes di klinik Milik Dirut RSUD Fakfak, Harga Sekali Rapid tes Mencapai Rp 1 Juta

Kegiatan Harvesting GBBI dan GBWI Papua Barat 2023 yang bertajuk “Semangat Kasuari” yaitu Kitong Bersaudara Perkuat Sinergi Kolaborasi Wujudkan Pemulihan Ekonomi di Bumi Kasuari, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan produk-produk lokal Papua Barat dan memberikan dukungan terhadap para pelaku usaha lokal khususnya UMKM untuk onboarding, memperluas akses pasar dan naik kelas.

Pada kesempatan tersebut juga diselenggarakan pameran UMKM unggulan termasuk showcasing yang telah berlangsung sejak 8 Mei 2023. Pameran tersebut terdiri atas 40 booth dan diikuti 104 UMKM unggulan yang merupakan UMKM hasil kurasi program GBBI serta binaan Bank Indonesia Papua Barat dan OPD di lingkungan Pemkab dan Pemprov Papua Barat.

Adapun selebrasi kegiatan lainnya yaitu business matching pembiayaan UMKM oleh Perbankan Papua Barat, penandatangan Kerjasama Antar Daerah baik B to B maupun G to G, apresiasi top brand terkolaboratif dan apresiasi UMKM champion.

Baca Juga :   Pengumuman Seleksi Terbuka Eselon II Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemkab Teluk Wondama

Untuk meningkatkan atensi pengunjung agar bertransaksi di booth UMKM tersebut, panitia juga mengadakan undian doorprize dengan hadiah menarik bagi pengunjung yang melakukan transaksi menggunakan QRIS.

Selain itu juga, panitia menyelenggarakan hiburan menarik diantaranya fashion show, atraksi budaya Papua Barat dan konser musik.

Pj. Gubernur Papua Barat, Komjen Pol. (Purn.) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si. menyampaikan komitmen dan himbauan untuk menyukseskan rangkaian kegiatan ini.

“Kedepannya, kami akan terus berkolaborasi dan bersinergi untuk mencapai target yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat dengan menyusun kegiatan-kegiatan yang mendukung UMKM Papua Barat dan kegiatan pariwisata yang telah kami susun dalam calender of event Provinsi Papua Barat, seperti contoh kami akan menyelenggarakan Festival Roon Teluk Wondama, Sail Teluk Cendrawasih, Festival Seni dan Budaya, Festival Doreri, Festival Kota Pala dan Internasional Surfing Manokwari”. ungkapnya.

Baca Juga :   Miris, Darurat Air Bersih, Warga Shogun City Berburu Mata Air Menggunakan Galon

Sementara itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung menyampaikan bahwa Pengembangan UMKM dan pariwisata di Papua Barat memerlukan peran dan keterlibatan seluruh pihak pemangku kebijakan melalui sinergi dan kolaborasi guna meningkatkan UMKM, sektor pariwisata dan industri kreatif yang berdaya saing.

“Dengan semangat tinggi dan kerja bersama, kami meyakini produk dalam negeri, khususnya produk UMKM Papua Barat dan potensi wisata, mampu berkembang yang memberikan kontribusi bagi perekonomian daerah khususnya Papua Barat.” harapnya. (Red/*)

Pos terkait