Pasca Banjir, Jemaat Bergotong Royong Bersihkan Lumpur

LUWU UTARA, Kabartimur.com – Musibah bencana banjir telah melanda beberapa desa di wilayah Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu. Salah satu diantaranya adalah lokasi pusat pastoran Gereja Katolik Sitti Maryam Saluampak di Desa Pongko Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu yang berbatasan Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan,

Lokasi Gereja Katolik tersebut yang terdampak banjir karena di akibatkan oleh luapan sungai Saluampak yang berada di Saluampak berbatasan Kabupaten Luwu Utara Sabbang Selatan dan Desa Pongko Walenrang Utara Kabupaten Luwu, Rabu 10 Mei 2023.

Bacaan Lainnya

Seiring berangsur surut dan menyusutnya banjir warga yang terdampak memulai aktifitas seperti biasa dan membersihkan rumah. Begitu pula umat gereja Katolik gotong royong membersihkan lumpur yang masuk di pusat pastoran.

Baca Juga :   KPPS Manokwari Bersama Organisasi Mahasiswa Unipa Siap Pasarkan Puluhan Ton Beras Petani Dataran Pramasi

Kondisi demikian, tidak hanya terjadi di rumah warga, namun juga ditempat fasilitas umum lainnya seperti, sekolah dan pasar.

Menyikapi hal ini, umat gereja bergotong royong dengan cepat melakukan pembersihan pusat pastoran dan halaman gereja yang sebelumnya direndam oleh banjir.

Kegiatan ini dilaksanakan agar pusat pastoran tersebut bisa segera dipergunakan kembali dan pelaksanaan misa dapat berjalan seperti sedia kala. Kondisi pusat pastoran Gereja Katolik pasca banjir dipenuhi oleh lumpur dan kayu yang menutupi belakang pusat pastoran di Saluampak.

Salah satu pengurus Gereja Katolik Oktovianus Maraya yang turut turun membersihkan lumpur, menyampaikan bahwa,” penanganan yang pertama kali dilakukan akibat dari dampak banjir yang merendam rumah, gereja dan pasar, akibat sungai Saluampak yang menjadi titik terjadinya banjir. (Red/*)

Pos terkait