Wabub. Tana Toraja Minta Pimpinan OPD Membantu Menyediakan Pendonor-Pendonor Sukarela di UTD RSUD Lakipadada

  • Whatsapp
Wabub. Tana Toraja Minta Pimpinan OPD Membantu Menyediakan Pendonor-Pendonor Sukarela di UTD RSUD Lakipadada

Tana Toraja Kabartimur.Com

Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara sekaligus Ketua PMI Kabupaten Tana Toraja  minta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membantu menyediakan pendonor-pendonor sukarela di dalam menunjang adanya alat yang ada sekarang di UTD RSDUD Lakipadada, Kamis, 22 November 2018.

Victor dalam sambutannya sekaligus membuka peresmian UTD RSDUD Lakipadada ini minta kepada  seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membantu menyediakan pendonor-pendonor sukarela di dalam menunjang adanya alat yang ada sekarang  di RSDUD lakipadada, secara khusus Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja segera tindaklanjuti.

“Dan setelah hari ini, berkordinasi dengan seluruh jajaran Dinas Kependidikan, Kampus, untuk mendorong dan mensosialisasikan bekerjasama dengan PMI Kab. Tana Toraja untuk memberikan sosialisasi bagaimana manfaat daripada pendonor maupun manfaat bagi masyarakat yang memang sangat-sangat membutuhkan”jelas Victor.

Lanjut Victor dalam sambutannya mengatakan Sejak 35 tahun yang lalu Unit Transfusi Darah (UTD) ini sangat diharapkan oleh Pemerintah Daerah dan puji tuhan hari ini boleh terwujud, boleh ada di Bumi Lakipadada ini. Bahkan dalam kepemimpinan kami berdua dengan kakanda saya Nico Biringkanae, sejak kepemimpinan kami, kami sangat mendambakan kapan ada UTD di Tana Toraja ini, bahkan melalui PMI pun, dan saya selaku ketua PMI Kab. Tana Toraja dan dr. Patrisia sudah berupaya secara maksimal bagaimana supaya UPTD ini bisa hadir di Tana Toraja.

Dan hari ini harapan-harapan itu bisa terwujud, oleh karena itu kami berterima kasih kepada dr. Patrisia dan dr. Safari yang sudah berinovasi, bersinkronisasi dalam meningkatkan pelayann di tempat ini termasuk hadirnya UTD di RSUD Lakipadada ini. Sekali lagi dr Patrisia dan dr.Safari trima kasih, jelasnya.

Kepada Kepala UTD Propinsi Sulawesi Selatan Ibu dr. Kusriny A. Pasinringi, MMR, atas nama Pemerintah Kabupaten Tana Toraja sekaligus Ketua PMI Kab. Tana Toraja berharap bagaimana dibantu satu unit mobil sehingga ini membantu mobilitas daripada petugas-petugas yang menjemput pendonor di setiap pelosok maupun melayani masyarakat-masyarakat kami yang  membutuhkan darah di setiap Puskesmas yang ada di Kab. Tana Toraja.

Dengan hadirnya UTD di RSUD Lakipadada,  maka salah satu Visi-Misi atau 3 hal mendasar yang menjadi rujukan pembangunan di Tana Toraja “Jangan Biarkan Rakyatku Sakit”, hari ini terlengkapi dengan hadirnya UTD ini .

Tentu kami dari PMI Kab. Tana Toraja akan mensupport secara penuh kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pendonor sukarela ini. Kami akan turun ke Kecamatan-Kecamatan untuk memberikan sosialisasi sehingga harapan-harapan yang disampaikan oleh ketua UPT Propinsi Sul-Sel bisa terwujud dengan 1000 kantong perbulan, agar stok darah untuk Toraja dan daerah sekitarnya bisa terjamin.

Sementara Direktur RSUD Lakipadada Tana Toraja, Dr Syafari Mangopo dalam sambutannya mengatakan dengan berdirinya Unit Transfusi Darah (UTD) di RSUD Lakipadada  menjadi jalan pintas untuk menolong pasien yang membutuhkan darah, karena kehabisan darah mengancam nyawah dan kehilangan nyawah, dengan berdirinya UTD pengambilan darah untuk menyiapkan darah itu menjadi simple atau gampang.

Untuk itu diharapkan kepada  rumah sakit-rumah sakit satelit yang ada di Tana Toraja dan Torut kemudian seluruh Puskesmas di Toraja dan Toraja Utara bisa bekerja sama dengan UTD RSUD Lakipadada dalam proses penyiapan darah bagi pasien-pasien yang membutuhkan darah.

Keberadaan UTD ini harus kita sambut dengan positif, dan tanpa dukungan dari segala elemen-elemen masyarakat, pemerintah untuk menyiapkan pendonor darah atau menyiapkan stok darah, itu  tidak ada artinya untuk kader UTD ini, untuk itu kedepannya kita butuh konsitensi dari semua elemen masyarakat untuk menyiapkan darah. jelas Dr, Safari (titus)

 

Pos terkait