Masyarakat Perlu Terlibat Menjaga Kantibmas

  • Whatsapp

MANOKWARI-Sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban di distrik Manokwari Barat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Manokwari menggelar sosialisasi bagi kepala kelurahan, RT/RW maupun tokoh masyarakat, adat, perempuan dan Karang Taruna Rabu (21/11). Distrik Manokwari Barat yang terletak di jantung kabupaten Manokwari tersebut memiliki peran yang sangat penting.

Bupati Manokwari yang diwakili oleh assisten I setda Manokwari Wanto S,sos menyampaikan, dengan berkembangnya kabupaten Manokwari menyebabkan tingginya angka kriminalitas. Untuk menjaga keamanan dan ketertiban diperlukan kerja sama semua pihak termasuk masyarakat.”Keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI-POLRI, tetapi juga masyarakat. Konsekuensi berkembangnya Manokwari semakin tingginya angka kriminalitas. Dengan terbukanya orang datang dari luar daerah itu juga ada yang datang dengan maksud yang tidak baik,”ujar Wanto.

Wanto juga mengatakan, di Manokwari masih maraknya peredaran miras meskipun sudah ada perdanya. “Selain miras, mulai banyak yang isap-isap aibon. Itu bisa jadi awal penggunaan narkoba. Untuk beli semua itu kebanyakan dapat uangnya dari tindakan kriminal. Sehingga bisa juga agendakan pertemuan-pertemuan untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi,”tambah dia.

Sementara itu, sekretaris Badan Kesbangpol Manokwari Selfianus Kambu S.sos, M.si mengatakan selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga membentuk tim Gerakan Manokwari aman, damai, dan sejahtera. Tim berisi perwakilan dari sejumlah tokoh tersebut dan ketua RT/RW maupun kelurahan. “Setiap perwakilan akan diambil masuk dalam tim. Mereka tugasnya memback up keamanan daerah bersama tim Wariori yang dibentuk pemda sebagai informen dari tingkat bawah. Fenomena yang terjadi di Manokwari memang tindak kejahatan meningkat mulai dari pembunuhan, asusila, jambret, judi dan lainnya merajalela,”ungkapnya.

Dengan adanya kesolidan kerja sama maka bisa menangkal tindak kejahatan yang sering terjadi. Hal itu diperparah dengan munculnya berita-berita hoax yang dapat berpengaruh pada situasi dan keamanan daerah.(Tqa)

Pos terkait