TMMD Kampung Yabore Tuntas, Panglima Kodam Kasuari Minta Masyarakat Jaga dan Rawat Hasil TMMD

WASIOR, Kabartimur.com– Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayor Jenderal TNI Haryanto minta masyarakat Kampung Yabore, Distrik Naikere Kabupaten Teluk Wondama agar menjaga dan merawat semua infrastruktur yang telah dibangun melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

TMMD ke-120 di Kampung Yabore yang dimulai pada 8 Mei lalu resmi berakhir pada Jumat, 7 Juni 2024.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVIII/Kasuari Brigjen TNI Yusuf Ragainaga mewakili Pangdam menutup dengan resmi TMMD yang berlangsung selama 30 hari.

“Saya mengajak seluruh warga masyarakat untuk sama-sama merawat dan menjaga infrastruktur yang sudah ada. Serta pelihara semangat gotong royong yang telah kita nyatakan dalam pelaksanaan TMMD ini, “pesan Pangdam melalui sambutan tertulis.

Pangdam menyatakan TMMD ke-120 diselenggarakan untuk melestarikan tradisi manunggal TNI dan rakyat yang harus selalu solid menghadapi dinamika permasalahan di tengah-tengah masyarakat.

“Pada akhirnya program ini membantu pemerintah dalam mengakselerasi pembangunan di daerah, “kata Jenderal TNI dua bintang ini.

Baca Juga :   107 Tahun Injil Masuk Rakwa, Bupati Mambor Ingin Situs Religi Dapat Perhatian Khusus

Selama satu bulan, Satgas TMMD yang melibatkan 150 personel membangun beberapa infrastruktur dasar yang dibutuhkan masyarakat Kampung Yabore.

Di antaranya pembangunan jalan kampung dengan rabat beton sepanjang 450meter dan lebar 5 meter.

Pembangunan tiga unit rumah layak huni tipe 45 dengan model dua lantai, pembuatan sumur bor untuk kebutuhan air baku sebanyak empat titik, renovasi dua unit jembatan serta renovasi balai kampung Yabore.

Selain itu TMMD juga melaksanakan kegiatan nonfisik berupa bakti sosial donor darah dan pengobatan massal, penyuluhan wawasan kebangsaan, Kamtibmas dan bahaya narkoba.

Juga penyuluhan pertanian serta penyuluhan kesehatan. Berbagai kegiatan itu dilaksanakan dengan pola gotong royong antara Satgas TMMD bersama dengan masyarakat setempat.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bergandeng tangan, bahu membahu dan saling bekerjasama dalam menuntaskan segala permasalahan yang ada di masyarakat, “lanjut Panglima Kodam.

Baca Juga :   Hardiknas 2024, Bupati Mambor Bicara Pentingnya Mendekatkan Akses Layanan Pendidikan di Wondama

 

Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy dalam kesempatan itu mengatakan pelaksanaan TMMD sangat membantu Pemda dalam melakukan percepatan pembangunan terutama di wilayah terpencil dan terluar seperti di Kampung Yabore.

“TMMD ini sangat membantu, di mana dalam waktu satu bulan saja kita bisa lihat hasil yang luar biasa, “ucap Andi, panggilan karib Wakil Bupati Teluk Wondama.

Andi juga berpesan kepada masyarakat Kampung Yabore agar merawat semua hasil-hasil TMMD sehingga bisa memberikan manfaat dalam jangka waktu yang lama.

“Kepada masyarakat Yabore, saya harap agar hasil TMMD ini kita jaga, kita pelihara karena ini sangat bermanfaat untuk kita, kita bisa manfaatkan dalam waktu yang panjang, yang lama karena ini bisa menghasilkan sesuatu yang baik untuk akses transportasi dan juga akses ekonomi, “ujar orang nomor dua Pemkab Wondama.

Baca Juga :   Terpilih Jadi Ketua Dewan Adat Wondama, Adrian Worengga : Rumah Besar Wondama harus Ditopang Tiang yang Kuat

Sebelumnya, Kepala Kampung Yabore Yusuf Kawieta mengatakan dirinya dan masyarakat sangat senang dengan adanya TMMD karena bisa menghasilkan banyak sarana prasarana yang dibutuhkan masyarakat.

Seperti jalan kampung yang selama ini masih berupa jalan tanah dan berlubang kini menjadi jalan beton yang lebar dan mulus. Juga rumah layak huni dengan model khusus yang sesuai dengan keinginan warga.

“Masyarakat sangat senang karena bapak-bapak tentara datang di sini bisa bangun hal-hal yang masyarakat butuhkan. Kami minta terima kasih, “kata Kawieta.

Turut hadir dalam upacara penutupan TMMD, Asisten Teritorial Kodam Kasuari Kolonel Inf Jimmy Rihi Tugu, Dandim 1811/Teluk Wondama Letkol Inf Budi Setiadi, Kapolres AKBP Hari Sutanto serta Wakil Ketua DPRK Teluk Wondama Selina Akwan. (Nday)

 

Pos terkait