Hari AIDS Sedunia, Puskesmas Sabbang Selatan Sosialisasi dan Screening HIV AIDS

LUWU UTARA, Kabartimur.com – peringatan Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2022, Puskesmas Sabbang selatan melakukan kegiatan sosialisasi dan Screening HIV AIDS dan layanan pemeriksaan kesehatan di Kantor Desa Dandang, Senin (1/12/2022).

Kepala Puskesmas Sabbang Selatan, Sudarmi Idrus SKM , menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Aids sedunia guna meningkatkan pemahaman, kepedulian dan peran aktif masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS.

Hal ini kata Sudarmi, dijadikan peringatan oleh semua sektor, baik kementerian, lembaga dan seluruh lapisan masyarakat untuk berjuang dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan penyakit menular seksual lainnya secara komprehensif.

Sudarmi menjelaskan bahwa HIV AIDS masih merupakan musuh besar kesehatan baik di dunia, Indonesia maupun di Kabupaten Luwu Utara. Target terpenting yang harus dicapai dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS adalah, mewujudkan three zeroes pada tahun 2030, yakni tidak ada lagi infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV AIDS.

Baca Juga :   Konferensi Masyarakat Adat Wondama, Ketua LMA : Jangan Lagi Adat Dipermainkan di Atas Tanah Ini

“Kegiatan hari AIDS sedunia tahun 2022 diarahkan dalam upaya meningkatkan pencegahan HIV AIDS yang lebih intensif secara terpadu, termasuk peningkatan akses masyarakat pada tes dan pengobatan HIV, serta informasi yang dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat,” terang Sudarmi..

Menurutnya, pencegahan dan pengendalian HIV AIDS hanya mungkin akan berhasil jika mendapat dukungan dari seluruh jajaran pemerintah di pusat maupun di daerah, serta peran serta dari segenap lapisan masyarakat, termasuk kalangan swasta dan dunia usaha serta para Jurnalis untuk memberitakan.

Dirinya menambahkan, dukungan dan peran serta sangat diperlukan dalam bentuk dukungan sumber daya manusia, peningkatan akses masyarakat pada layanan HIV dan penyebarluasan informasi melalui sosialisasi dan penyuluhan.

Pihaknya berharap agar komitmen, komunikasi, koordinasi dan kolaborasi diantara segenap pemangku kepentingan dalam pencegahan dan pengendalian HIV AIDS dan penyakit menular lainnya semakin kuat dan nyata.

Baca Juga :   HUT Kota Manokwari Ke-124 Tahun, Norman Tambunan: Jangan Lupakan Rakyat

“Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada semua pihak yang telah bekerja sama, terutama Jurnalis dan aparat pemerintah desa sehingga rangkaian kegiatan pada hari ini dapat terselenggara. Semoga membawa banyak manfaat dan menjadi berkat bagi kita semua,” imbuh Sudarmi.

“Selamat memperingati Hari AIDS sedunia tahun 2022. Marilah kita bekerja bersama-sama untuk melindungi diri kita dan generasi penerus kita agar terhindar dari bahaya HIV AIDS menuju Indonesia bebas HIV AIDS tahun 2030. Sukses dan sehat selalu untuk kita semua,” pungkas Sudarmi (Red/Yustus)

Pos terkait